Selasa, 19 Jun 2018
radarjember
icon featured
Spotlight

Ada Kos-Kosan Yang Tarifnya Rp 3 Juta Sebulan

Selasa, 13 Mar 2018 06:40 | editor : Dzikri Abdi Setia

Spotlight Kos-Kosan,

Siapa bilang anak kos-kosan harus tirakat demi masa depan cerah? Tak sedikit yang menganggap itu adalah prinsip jadul. Sebaliknya, di era yang semakin berkembang dan ‘bebas’ ini kos-kosan menjadi salah satu tempat yang paling nyaman untuk dihuni.

Bagaimana tidak, jika dulu sebuah kamar kos hanya dikenakan harga tak lebih dari Rp 500 ribu per bulan, kini banyak muncul kos-kosan yang mematok tarif hingga jutaan Rupiah. Dengan harga tersebut, penghuni kamar kos bisa mendapatkan eksklusivitas yang lebih tinggi dibandingkan tempat kos biasa.

Namun meskipun dianggap mahal, ada saja kalangan masyarakat yang memilih tinggal di tempat kos eksklusif itu. Fasilitas yang ditawarkan memang membuat calon penghuninya tak repot membawa barang bawaan. Tak ubahnya sebuah hotel, penghuni hanya perlu membawa keperluan pribadi lain yang dibutuhkan.

Seperti tempat kos eksklusif yang ada di daerah Sumbersari. Pantauan Jawa Pos Radar Jember, tempat tersebut termasuk kawasan elite dengan pagar yang hampir selalu tertutup rapat sehingga tak bisa diprediksi apa saja aktivitas yang terjadi di dalamnya. Namun dari beberapa informasi yang didapat dari warga sekitar, cukup banyak mahasiswa dan karyawan yang tinggal di sana.

Menurut Putri yang tinggal di samping tempat kos tersebut, ada sekitar 80 kamar yang disediakan di sana. Tidak hanya untuk mahasiswa dan karyawan saja, tetapi juga untuk keluarga dengan anak-anak yang masih bayi. “Di sana lingkungannya ramai karena ada anak bayi juga,” akunya.

Dia sempat bertanya pada penghuni yang sering datang ke toko miliknya, mengenai apa saja fasilitas yang mereka peroleh. Rata-rata penghuni kos sudah mendapatkan tempat tidur, meja dan kursi, kamar mandi dalam, pendingin udara, dan lemari es. Serta areal parkir kendaraan yang cukup luas di bagian bawah.

Dari segi interior, tempat ini memang lebih layak disebut hotel ketimbang kos-kosan. Pintu dan dindingnya sudah dimodel sedemikian rupa sehingga memunculkan kesan mewah. Belum lagi lantainya yang terbuat dari keramik berkualitas tinggi. Ditambah fasilitas keamanan dengan satpam yang selalu berjaga 24 jam.

Tarifnya pun bervariasi. Dengan rentang harga termurah yaitu Rp 1,7 jutaan dan paling tinggi hingga Rp 3 jutaan. Tak hanya disewakan bulanan, kata Putri, tempat itu juga disewakan harian. Beberapa pejabat tinggi juga pernah diinapkan di tempat tersebut, kata menghadiri pertemuan kepala daerah yang digelar tahun lalu “Yang paling murah itu tempat tidurnya single, dan token listriknya bayar sendiri. Biasanya sekitar Rp 200 ribuan,” lanjutnya. 

Hanya saja tidak banyak warga yang paham benar latar belakang penghuni kos di sana. Sebab mayoritas penghuninya lebih sering pergi di siang hari dan pulang larut malam.

(jr/lin/ras/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia