Minggu, 24 Jun 2018
radarjember
icon featured
Sportainment

Ujicoba Persid Batal karena Hujan Deras

Selasa, 13 Mar 2018 19:25 | editor : Dzikri Abdi Setia

Persid Jember,

IMBAS HUJAN: Laga uji coba Persid kemarin harus dibatalkan karena lapangan tergenang air hujan. (dwi siswanto/radarjember)

Persid Jember akan terus melakoni laga uji coba dengan menghadapi tim internal Asskab PSSI Jember. Sejatinya, pada Senin (12/03) sore kemarin, Persid menjalani laga uji coba melawan salah satu tim internal, Macan Putih. Namun, rencana itu dibatalkan karena situasi lapangan di Stadion Utama Jember Sport Garden (JSG) tidak memungkinkan, imbas dari hujan deras pada sore hari. 

“Kita akan agendakan lagi uji coba. Sementara ini dengan tim internal dulu, sesuai kebutuhan kepelatihan,” tutur Aries Bawono, media officer manajemen Persid Jember. 

Berbeda dengan laga uji coba pertama yang digelar pada Sabtu (10/03), pertandingan uji coba Persid selanjutnya akan digelar tertutup. Beberapa laga uji coba Persid melawan tim internal akan dilakukan tanpa kehadiran penonton. “Di laga uji coba perdana kemarin, memang di luar ekspektasi kita. Animo suporter luar biasa. Tetapi, itu juga berimbas pada permainan tim yang memang masih terbentuk ini,” tutur pelatih kepala Persid Jember, Steven Keltjes. 

Di laga uji coba perdana melawan tim internal asal Madura, Pantura FC, skuad Persid sempat kesulitan untuk mengalahkan tim tamu. Pertandingan berakhir dengan skor seri, 1-1. “Karena tim masih baru terbentuk, jadi memang tidak bisa disamakan dengan tim yang sudah lama terbentuk. Beberapa hal yang kita perlu perbaiki antara lain komunikasi antar lini, kontrol bola, dan penyelesaian akhir,” tutur mantan pemain Timnas Junior ini. 

Persid masih menggunakan formasi permainan 4-3-3, sesuai potensi yang ada di sektor sayap. Meski belum menetapkan line-up secara tetap, ban kapten sejauh ini masih disandangkan kepada Iwan Sampurno. Di musim lalu, pemain bernomor punggung 8 ini memang sudah menyandang ban kapten. Iwan memang termasuk salah satu pemain senior di Persid. Kepemimpinannya sudah terlihat sejak para pemain Persid di musim lalu didera masalah finansial karena gaji tak kunjung turun. 

Tak hanya klub internal, manajemen Persid juga sudah menyiapkan beberapa rencana pertandingan uji coba dengan tim yang dianggap lebih kuat. Salah satunya adalah dengan menantang Persigo Semeru FC, tim Liga 2 yang bermarkas di Lumajang. “Insyaallah 15 Maret kita akan laga tandang ke markas Semeru FC,” tutur manajer Persid, Mirza Rahmulyono. 

Berbeda dengan pertandingan biasanya, laga tandang ini tidak sekadar menguji skill permainan individu skuad Persid yang baru terbentuk. “Laga tandang ini sekaligus untuk melatih mental pemain. Agar mereka siap saat nantinya bertanding di kandang lawan. Juga memperkuat kesolidan tim,” lanjut Mirza. 

Usai Semeru FC, berikut manajemen Persid akan mengundang PSSS Situbondo untuk bertandang ke Jember guna menguji kekuatan Persid Jember. Di musim lalu, PSSS Situbondo termasuk salah satu tim yang cukup tangguh bagi Persid. 

Pertandingan persahabatan yang paling berat akan dilakukan di sesi akhir. Yakni, beberapa hari sebelum dimulainya kick-off. “Tanggal 25 Maret 2018, kita masih berusaha mendatangkan tim yang kuat. Inginnya sih PSS Sleman, tetapi sepertinya sulit. Kita coba datangkan tim lain yang juga kuat,” lanjut Mirza. 

Salah satu alternatif yang mengemuka adalah Deltras Sidoarjo. “Sekaligus pertandingan uji coba tanggal 25 Maret itu kita barengkan dengan launching tim di JSG,” pungkas Mirza. 

(jr/ad/hdi/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia