Senin, 28 May 2018
radarjember
icon featured
Radar Ijen

Kertas Suara Mulai Dilipat

Senin, 14 May 2018 14:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

pilkada bondowoso, KPU Bondowoso,

MELIPAT SUARA: Para pekerja saat melakukan pelipatan kertas suara di Gudang Kembang. (KPU for Radar Ijen)

Surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati 2018 di Bondowoso sudah mulai dilipat. Pelipatan dilakukan di gudang yang terletak di depan SMP Negeri 5 Bondowoso. Pihak KPU memperkerjakan masyarakat untuk melipat kertas suara dengan upah per kertas Rp 103.

Sedikitnya ada sekitar 35 kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari empat orang yang melipat surat suara. Tampak proses pelaksanaan pelipatan dijaga ketat oleh tim keamanan yang terdiri atas polisi dan satpol PP. Setiap masyarakat yang melakukan pelipatan (kerja) harus mendaftar dengan menyetorkan fotokopi KTP. Selanjutnya, mendapatkan nomor kelompok. Di samping itu, setiap orang yang masuk ke ruang pelipatan dilarang membawa tas dan atau sejenisnya.

Divisi Umum, Keuanagan, dan Logistik KPU Bondowoso Amiruddin Makruf mengatakan, prosedur itu harus dijalankan. Sebab, proses pelipatan kertas suara harus steril, tidak ada cacat di kertas suara. Harapannya, saat didistribusikan kertas suara dalam keadaan utuh atau belum lecet. “Jadi, semuanya memang prosedur,” ungkapnya.

Dalam proses pelipatan, sebelum melipat surat suaranya, setiap pelipat terlebih dahulu melakukan sortir. Mereka memeriksa kondisi fisik surat suara, apakah ada tintanya, ataukah sobek, atau cacat lainnya. Sri Ningsih, seorang ibu rumah tangga asal Desa Kembang, Kecamatan Bondowoso, mengaku bersyukur karena bisa ikut melipat surat suara ini. Sebab, bisa menambah pundi-pundi rezeki untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Dia bahkan menyebut ini sebagai berkah pilkada. “Tapi ya gitu, ini harus teliti disortirnya, khawatir ada yang cacat. Ini juga dijaga ketat,” tegasnya.

Amiruddin Makruf menambahkan, total surat suara yang dilipat dalam Pilbup 2018 yakni sekitar 593.937 atau setara dengan total DPT Bondowoso 578.741, ditambah cadangan 2,5 persen. “Surat suara ini akan disebar di 1.500 TPS di Bondowoso, dengan jumlah cadangan masing-masing 2,5 persen,” ungkapnya.

Sejauh ini, kata Amiruddin, untuk logistik, baru surat suara yang datang. Sementara logistik yang lain akan datang secara bertahap. 

(jr/hud/sh/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia