Senin, 28 May 2018
radarjember
icon featured
Pendidikan

217 Calon Mahasiswa Tak Registrasi

Rabu, 16 May 2018 13:15 | editor : Dzikri Abdi Setia

SNMPTN, Unej,

DAFTAR ULANG: Beberapa calon mahasiswa dari jalur SNMPTN saat melakukan registrasi ulang di Gedung Soetardjo, (Bagus Supriadi/Radar Jember)

Calon mahasiswa yang hendak melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri (PTN) harus berjuang untuk mencapai cita-citanya. Ada 217 calon mahasiswa tersebut yang sudah lolos, tetapi tidak melakukan registrasi. 

Agung Purwanto, kepala Humas dan Protokol Universitas Jember mengatakan, total sudah ada 2.108 calon mahasiswa baru yang melakukan registrasi dari jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2018. Padahal, jumlah yang seharusnya melakukan registrasi sebanyak 2.325. 

“Dengan demikian, ada 217 calon mahasiswa yang tidak mengikuti proses registrasi ulang,” katanya. Kendati demikian, jumlah tersebut lebih sedikit dibanding 2017 lalu. Yakni sebanyak 279 calon mahasiswa. Kursi bagi calon SNMPTN itu pun kosong dan digantikan dengan mahasiswa lainnya dari jalur yang lain. 

Namun, perguruan tinggi negeri melaporkan kekosongan kursi tersebut kepada Kemristek Dikti. Sedangkan keputusannya, ada pada Kemenristek Dikti. 

Dia menjelaskan, sesuai dengan peraturan yang ada, maka sekolah yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi. Salah satunya adalah pengurangan kuota siswa yang diterima PTN secara umum. Kemudian, pengurangan di beberapa prodi tertentu saja di jalur SNMPTN 2019.

“Sejak pendaftaran SNMPTN 2018 dibuka, kami telah menyosialisasikan kepada sekolah dan siswa,” Jelasnya. Bahwa akan ada sanksi tegas bagi calon mahasiswa yang lulus SNMPTN, namun tidak melakukan registrasi ulang. Hal itu akan menjadi perhatian sendiri dalam pelaksanaan SNMPTN tahun depan. Salah satu alasan calon mahasiswa tidak melakukan registrasi ulang, karena ingin pindah pilihan program studi. 

Dari jumlah 2.108 calon mahasiswa baru tersebut, 245 orang merupakan calon penerima beasiswa Bidikmisi. Mereka akan menjalani verifikasi lebih lanjut. Tahun ini, ada 6.687 pendaftar SNMPTN Bidikmisi yang memilih kuliah di Kampus Tegalboto.

Di samping itu, pelaksanaan ujian dari jalur SBMPTN tidak diikuti oleh 1324 peserta yang sudah mendaftar. Hasil tes akan diumumkan pada 3 Juli 2018 mendatang. Sedangkan pendaftaran jalur SBMPTBR akan dimulai 25 Juni hingga 13 Juli 2018, dan ujian dilaksanakan pada 18 Juli 2018. “Pelantikan mahasiswa baru Unej tanggal 11 Agustus 2018 nanti,” pungkasnya.

(jr/gus/hdi/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia