Senin, 28 May 2018
radarjember
icon featured
Radar Semeru

KPU Pecat PPS Labruk Lor

Rabu, 16 May 2018 16:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

pilkada lumajang, KPU Lumajang,

Sikap tegas ditunjukkan KPU Lumajang pada anak buahnya yang terlibat dalam kampanye dan pemenangan pasangan calon. Kelima komisioner KPU Lumajang ini sepakat untuk memecat PPS Labruk Lor, Kecamatan Lumajang Senin  (14/5). Ini sekaligus menegaskan agar unsur penyelenggara di bawah tidak main-main dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.

Pemecatan itu dilakukan siang kemarin melalui rapat pleno KPU Lumajang sekitar pukul 10.00. Tidak mudah memang mengambil keputusan tersebut. Sampai kelima komisioner harus berdebat dan menunjukkan bukti-bukti berupa foto dan dokumen lainnya. Baru setelah dua jam, semua komisioner sepakat memecat PPS atas nama Mashudi itu.

Muhammad Ridhol Mujib, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Lumajang yang ditunjuk sebagai juru bicara KPU menegaskan, pemecatan itu didasari oleh rekomendasi panwascam setempat. “Kita sudah memplenokan tadi siang. Semua sepakat memberhentikan,” tegasnya.

Pihaknya lama berdebat terkait pasal yang digunakan. Diketahui bahwa pelanggaran dalam PKPU hanya pada PPK (panitia pemilihan kecamatan), bukan PPS (panitia pemungutan suara). Namun karena ini sudah ada rekomendasi dari panwascam, maka pihaknya pun langsung memutuskan bersama melalui rapat pleno tersebut.

Dilihat dari hasil kajian panwascam, dan setelah diklarifikasi yang bersangkutan dan ditunjukkan bukti-bukti foto yang ada. Yang bersangkutan memang ada pada barisan paslon saat debat publik. “Kita sepakati bersama. Awalnya memastikan apakah ada bukti, setelah diketahui ada bukti semua tidak memberi toleransi,” jelasnya.

Kesepakatan itu didasari bukti berupa foto dan klarifikasi. Sempat diragukan, namun setelah dicek dan diklarifikasi, ternyata benar. “Akhirnya sepakat semua,” tambahnya menjelaskan hasil rapat pleno.

Dengan putusan ini, KPU akan segera membuat SK keputusan pemberhentian. “Sekarang belum diberitahu, tapi dalam waktu dekat akan segera disampaikan kepada yang bersangkutan. Nanti dibarengkan dengan penyerahan SK,” pungkasnya.

(jr/fid/ram/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia