Kamis, 21 Jun 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember

Masih Saja Ada yang Nekat Bikin Mercon

Rabu, 06 Jun 2018 09:15 | editor : Dzikri Abdi Setia

Mercon, Polres Jember, ramadan,

BAHAYA : Anggota Polsek Mumbulsari saat melakukan penggerebekan rumah Misdar, 60. Dia mengaku sudah tiga tahun ini menerima pesanan untuk membuat petasan siap ledak. Mercon itu oleh Misdar dibuat di kamar tamu rumahnya. (Heri Supadmo For Radar Jember)

Meskipun sudah ada beberapa orang yang mendekam di tahanan Polres Jember karena mercon, namun masih saja ada warga yang bandel. Salah satunya adalah Misdar, 60, warga Dusun Curahpinang, Desa Tamansari, Mumbulsari. Dia terpaksa harus berlebaran di sel tahanan Mapolres Jember karena menerima pesanan pembuatan mercon. 

Dalam penggerebekan di rumah tersangka kemarin, petugas mengamankan beberapa barang bukti. Di antaranya gelondongan (selongsong) yang belum ada isinya atau belum siap ledak ukuran besar dan kecil sebanyak 3 dus. Petasan siap ledak ada 7. petugas juga mengamankan bahan baku mercon, yakni 1 sak belerang warna kuning dengan berat sekitar 10 kg.

Selain itu, ada 2 bungkus black powder (obat petasan), 1 sak arang yang sudah ditumbuk bahan sumbu, 4 lembar sumbu masing-masing satu meter bahan baku sumbu mercon. Sebuah batu sebagai alas membuat mercon, dan selembar papan sepanjang 50 cm dengan lebar 20 cm untuk alas penggulung.

Penggerebekan dipimpin langsung Kapolsek Mumbulsari AKP Heri Supadmo bersama beberapa anggota lainnya. Penggerebekan ini setelah ada laporan dari warga yang mengaku resah dengan tempat pembuatan petasan tersebut. Saat digeledah di rumahnya, semua petasan baik yang siap ledak maupun belum, ada di ruang tamunya.

Tersangka meracik dan membuat petasan pesanan itu di ruang tamunya. “Ini sangat rawan mercon dibuat di dalam rumah,” ujar Heri. 

Tersangka digerebek di rumahnya pada sore hari sekitar pukul 17.00. Kepada petugas, Misdar mengaku sudah membuat dan menjual petasan ini sejak tiga tahun lalu. 

Rencananya, petasan hasil buatannya ini akan dikirim kepada pemesannya. Saat petugas datang, tersangka sedang meracik obat dan sedang membuat petasan di dalam rumahnya.

(jr/jum/ras/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia