Senin, 18 Jun 2018
radarjember
icon featured
Radar Semeru

Template Braille Sudah Oke

Rabu, 06 Jun 2018 15:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

Template Braille, KPU Lumajang,

DISEPAKATI: Beginilah contoh templat braille yang akan dikirim ke masing-masing TPS yang dikhususkan untuk disabilitas tunanetra. (HAFID ASNAN / RAME)

Perhatian penyelenggara pilkada pada penyandang difabel tidak setengah-setengah. Kemarin, penyesuaian templat braille sudah disetujui oleh sejumlah pihak terkait. Bahkan, direncanakan nantinya seluruh TPS bakal dijatah satu lembar braille.

Penyesuaian ini diambil dalam kesepakatan yang bekerja sama dengan Persatuan Penyandang Difabel Indonesia (PPDI) Lumajang, kemarin. Salah seorang ahli tunanetra dari PPDI kemarin mengecek templat braille yang nantinya akan ditempatkan di seluruh titik TPS di Lumajang. 

Disaksikan tiga komisioner KPU Lumajang, kepala sekretariat, kasubag, dan dua penyandang disabiltas yang didampingi Ali Muslimin, ketua PPDI Lumajang. Semuanya menyetujui penyesuaian braille tersebut dipasang ke masing-masing TPS. Yusuf Adi pamungkas, divisi keuangan dan logistik KPU Lumajang menjelaskan, pihaknya memang bekerja sama dengan PPDI untuk menghadirkan penyandang tunanetra. Bertujuan untuk memastikan kebenaran atau kesesuaian antara tulisan yang tercantum dalam surat suara dengan huruf braille . 

Bagaimana hasilnya? Dia mengutarakan bahwa yang tercetak saat ini sudah sesuai. “Sudah sesuai dengan huruf braille. Juga sudah diuji untuk penyesuaian oleh penyandang tunanetra. Tidak ada masalah, semua oke,” katanya. Alumni Fakultas Teknologi Pertanian Unej ini menegaskan bahwa surat suara dengan huruf braille ini akan dikirim ke masing-masing TPS.

“Per TPS dialokasikan 1 alat templat braille. Berarti, ada sebanyak 1.872 lembar braille yang dikirim dan disediakan KPU,” katanya. Dengan fasilitasi ini, dia menegaskan bahwa KPU sudah optimal dalam memberikan fasilitas yang memadai bagi penyandang difabel. Bukan hanya penyandang tunanetra saja. Segala jenis fasilitas pada penyandang difabel sudah terkoordinasi pada semua penyelenggara tingkat kecamatan, desa, sampai TPS. 

“Kami sudah memfasilitasi penuh pada semua PPK, PPS, dan KPPS untuk memberikan kemudahan pada penyandang difabel,” pungkasnya.

(jr/fid/ram/das/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia