Rabu, 20 Jun 2018
radarjember
icon featured
Kesehatan

RSD dr Soebandi Jember Tetap Beri Layanan Libur Lebaran

Kamis, 07 Jun 2018 15:10 | editor : Dzikri Abdi Setia

RSD dr Soebandi,

LIBUR TETAP BUKA: RSD dr Soebandi Jember tetap memberikan pelayanan, khususnya untuk klinik penyakit dalam, klinik jantung, dan klinik obsgin. (RSD dr Soebandi for Radar Jember)

Rumah sakit daerah (RSD) dr Soebandi tetap membuka pelayanan di hari libur Idul Fitri 1439 H. Khususnya pelayanan kesehatan di tiga klinik, yaitu klinik penyakit dalam, klinik jantung, dan klinik obsgin atau kandungan. Sebab, saat libur Lebaran yang panjang, pasien kronis tiga klinik tersebut berisiko. Mereka berpotensi tidak dapat kontrol secara rutin sesuai jadwal.

Pelayanan di tiga klinik tersebut dilakukan pada 11 dan 12 Juni sebelum Lebaran. Kemudian, 19 dan 20 Juni 2018 setelah Lebaran. Jam pelayanan pukul 08.00 sampai 12.00. Sedangkan jam pendaftaran mulai pukul 07.00.

Direktur RSD dr Soebandi Jember dr Hendro Soelistijono menjelaskan, hanya tiga klinik yang buka layanan. “Rencana awal semua buka tetap malah tidak produktif, sehingga tiga klinik penyakit dalam, klinik jantung, dan klinik obsgin yang buka. Selain instalasi gawat darurat yang buka nonstop 24 jam,” imbuhnya. Khusus untuk klinik obsgin perlu dibuka dalam rangka akselerasi penurunan angka kematian ibu di Jember yang termasuk tertinggi di Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Dia menambahkan, pelayanan untuk tiga klinik tersebut banyak dibutuhkan masyarakat dan tidak bisa ditunda. “Tiga layanan klinik tersebut tidak bisa ditunda karena pengobatannya khusus tidak boleh putus, sehingga kami putuskan tetap buka saat libur Lebaran Idul Fitri,” imbuhnya. 

Dia menjelaskan, berdasarkan data kunjungan RSD dr Soebandi tiap harinya, penyakit dalam dan jantung berada diposisi teratas. “Kalau melihat kunjungan penyakit kronis di klinik penyakit dalam dan jantung, rata-rata per hari seratus pasien lebih. Tentu, mereka tetap perlu layanan rutin tidak terlalu lama liburnya. Maka, dapat dibayangkan berapa yang tidak terlayani selama liburan Lebaran tersebut,” imbuhnya. 

Pria yang juga ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Jember itu menambahkan, pihaknya terus berupaya keras untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pasien. Berbagai terobosan terus dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada pasien. Salah satunya pelayanan khusus untuk tiga klinik tersebut. 

(jr/ad/aro/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia