Senin, 18 Jun 2018
radarjember
icon featured
Radar Semeru

Waspadai Jalur Black Spot Ranuyoso

Sabtu, 09 Jun 2018 13:10 | editor : Dzikri Abdi Setia

Siaga Mudik Lebaran, Polres Lumajang,

SIAGA: Kanit Laka Polres Lumajang Ipda Dimas Sugeng Widodo tengah menyiagakan pasukan di pos pengamanan depan Terminal Wonorejo. (Khawas Auskarni/RAME)

Polres Lumajang menaruh perhatian khusus jalur mudik-balik Lebaran 1439 H yang masuk kategori jalur hitam (black spot)  rawan kecelakaan. Satlantas Polres Lumajang kemarin mulai memasang pos pengamanan (pospam) pada jalur bahaya tersebut. Masyarakat diimbau lebih berhati-hati saat melintas di jalur black spot Ranuyoso. 

Pemasangan pospam dimaksudkan untuk menekan dampak kerawanan sepanjang arus mudik dan balik Lebaran. Permulaan arus mudik diprediksi bakal mulai berlangsung akhir pekan ini. Selain jalur Ranuyoso, tiga jalur rawan lain yang dipasangi pos pengamanan masing-masing ada di Jalan Raya Wonorejo depan terminal, Sukosari, dan Jatiroto. 

Namun, ketiganya tidak sampai masuk kategori black spot. “Penentuan lokasi pos pemangaman tersebut berdasarkan hasil analisis dan evaluasi (anev) beberapa waktu sebelumnya,” ucap Kanit Laka Polres Lumajagn Ipda Dimas Sugeng Widodo kepada Jawa Pos Radar Semeru, Kamis (7/6)

Dimas menyebut, 68 personel akan ditempatkan di empat pos tersebut selama pekan Lebaran. Masing-masing pos akan dijaga oleh 17 personel kepolisian selama 24 jam nonstop hingga 25 Juni nanti. Dari unsur Satlantas, kata Dimas, ada 35 personel pengamanan yang dilibatkan. 

Belum bisa dipastikan kapan puncak arus mudik tahun ini bakal terjadi. Namun, menurut dia, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, puncak arus mudik yang melintasi jalur daerah Lumajang terjadi pada H-3 Lebaran. 

Dia mengimbau kepada calon pemudik agar istirahat begitu merasa lelah dan mengantuk. Langkah itu guna menghindari risiko terjadinya kecelakaan. Menurut dia, di sejumlah titik sudah disiapkan rest area sebagai tempat melepas lelah. Termasuk pos pengamanan di depan Terminal Wonorejo. Di pos pengamanan induk itu juga sudah dilengkapi dengan rest area sekaligus pelayanan untuk para pemudik. 

(jr/was/aro/das/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia