Jumat, 22 Jun 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember

Sopir Bus Harus Ikut Tes Urine

Rabu, 13 Jun 2018 07:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

Tes Urine, Sopir Bus, Polres Jember,

CEK KELENGKAPAN: Wakapolres Jember Kompol Bagus Ikhwan didampingi Kasatlantas AKP Priyanggo dan Samson (koordinator terminal tipe A Tawang Alun) mengecek seluruh kesiapan bus. Termasuk martil dan kelengkapan bus di dalam terminal (Jumai/Radar Jember)

Berita Terkait

Guna memberikan rasa aman dan nyaman selama arus mudik dan balik Lebaran 1439 H, Polres dan Dinas Perhubungan Jember menggelar pengecekan puluhan bus di Terminal Tawang Alun, Rambipuji Senin (11/6), kemarin. Kondisi para awak bus juga harus fit. Oleh karena itulah, seluruh awak bus dilakukan tes urine, guna menjamin bahwa sopir mengemudi dalam kondisi yang sehat.

Wakapolres Jember Kompol Bagus Ikhwan Christian menyebut, pemeriksaan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Polres Jember dan Dishub. “Kita periksa mulai dari ban, kaca depan, maupun alat pemecah kaca (martil) yang digunakan sewaktu-waktu dalam kondisi darurat,” ujar Bagus. Selain bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, juga menggandeng Donkes Polres Jember dan tenaga medis dari RSU Kaliwates serta Satreskoba Polres Jember. 

Dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, bukan hanya sopir dan awak bus yang diperiksa, tetapi para penumpang juga banyak yang ikut minta diperiksa sebelum bus yang ditumpangi berangkat.

Didampingi Kasatlantas AKP Priyanggo, wakapolres juga melihat langsung saat para sopir bus dilakukan tes urine. Selain itu, Bagus bersama Priyanggo juga langsung naik ke dalam bus untuk mengecek martil pada setiap bus.

Jika memang ditemukan kondisi ban yang sudah tidak layak, pihaknya memerintahkan awak bus untuk langsung mengganti. “Bukan apa, karena bus ini membawa banyak penumpang. Jadi bus harus benar-benar laik jalan guna menjamin keselamatan para penumpang,” kata Bagus.

Untuk memastikan sopir benar-benar dalam kondisi fit dan bebas dari narkoba, seluruh sopir dites urine. “Jika memang ada kondisinya yang kurang sehat, ya kami beri obat sekaligus kami tekankan untuk beristirahat,” jelasnya.

Namun, dari sekian banyak sopir maupun awak bus yang dites urine, tidak ada satu pun yang terindikasi mengonsumsi narkoba. Hanya ada beberapa sopir ditemukan dalam tensi yang cukup tinggi. 

“Untuk yang tensinya tinggi, mungkin salah satu faktornya kecapekan, kurang tidur. Setelah diberi obat, mereka kami sarankan istirahat. Sopirnya bisa pakai sopir cadangan,” kata Bagus.

Sementara sopir bus Ladju, Joko Sutristiyono, 40, warga Dusun Gayam, Desa Kaliwining, Rambipuji, mengaku senang jika sopir dan awak bus ini diminta untuk tes urine. “Sopir tak berani menggunakan obat obatan. Yang jelas, sopir menyiapkan air mineral dalam botol besar saja,” ujarnya. 

Sementara Samson Wahyu Priyono, koordinator terminal type A Tawang Alun Jember mengatakan bahwa ada peningkatan kedatangan maupun keberangkatan bus di terminal tersebut. “Ada kenaikan signifikan. Sampai dengan H-7 ini ada kenaikan sekitar 5 persen. Ini tentunya karena faktor kenaikan jumlah penumpang juga,” ungkap Samson.

Menurut Samson, setiap bus yang datang, baik angkutan kota antar provinsi (AKAP) maupun angkutan kota dalam provinsi (AKDP), langsung dilakukan pengecekan demi keselamatan pengguna jasa transportasi. “Jika ditemukan (bus) tidak sesuai spesifikasi, kami berikan surat pernyataan untuk dipulangkan ke perusahaan masing-masing guna segera diperbaiki,” jelas Samson.

Apabila sudah diperbaiki dan akan dioperasikan lagi, pihaknya akan kembali melakukan pengecekan. “Ya kalau sudah sesuai dengan spesifikasi, kami berangkatkan. Kalau tidak (sesuai spesifikasi) ya kami keluarkan dari sini dan tidak ada jam pemberangkatan,” katanya.

Setiap hari pihaknya selalu menemukan bus yang tidak sesuai dengan spesifikasi. “Seperti martil tidak ada, kemudian tidak ada alat pemadam kebakaran, sabuk pengaman. Hal-hal seperti itu (bus) ya kami keluarkan. Karena ini faktor keselamatan yang utama bagi pengemudi,” pungkas Samson. 

(jr/jum/rul/hdi/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia