Jumat, 22 Jun 2018
radarjember
icon featured
Radar Semeru

Ngabuburit Bersih-Bersih Pantai Bambang

Rabu, 13 Jun 2018 15:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

Bersih Pantai, Bina Garda Cemara, Pantai Bambang,

RAWAT PANTAI : Puluhan anak-anak muda melakukan bersih-bersih pantai di sore hari, kemarin. Upaya ini dilakukan atas kesadaran warga sebelum pantainya dikunjungi wisatawan saat Lebaran nanti. (NAWAWI FOR RAME)

Ada banyak cara untuk menunggu datangnya beduk magrib alias ngabuburit. Tetapi, kali ini bukan sembarangan ngabuburit. Sebab, yang dilakukan begitu mengena dengan momentum yang ada. Yakni bersih-bersih pantai sebelum dikunjungi wisatawan saat Lebaran.

Komunitas yang peka dan memelopori kegiatan ini adalah Bina Garda Cemara (BGC) Bago, Kecamatan Pasirian. Komunitas yang berisi puluhan anak-anak muda SMP dan SMA ini kemarin meluangkan waktu bersama dengan melibatkan muspika untuk bersih-bersih pantai.

Nawawi, Pendiri dan pelopor kegiatan ini menjelaskan, acara tersebut bertajuk Ramadan Bersih. Yakni, melihat geliat kemarin, langsung merencanakan agenda itu tiap tahun sekali. Partisipan yang terlibat juga tidak sedikit. 

Ada sekitar 50-an orang melibatkan muspika. Dari koramil, kepolisian mengutus perwakilannya. Ada juga LMDH, pokdarwis, dan pengelola wisata pantai Bambang, dari unsur perangkat desa tiga orang, juga sekdes.

Acara yang digelar mulai jam 16.00 itu diakhiri acara buka puasa bersama. “Di kawasan Pantai Bambang yang dibersihkan adalah area pantai utamanya. Ada sekitar satu kilometeran yang dibersihkan,” ujarnya.

Tujuannya simpel. “Kami sebagai warga kan gak pantas kalau wisata kita akan dikunjungi wisatawan lokal dan luar, tapi diam saja. Mosok sing duwe daerah gak peduli. Kan gak enak. Gak iso gawe nyaman wisatawan rasane koyok opo ngunu,” ucapnya dengan logat Jawa kental.

Mumpung sekarang belum memasuki masa Lebaran, makanya dia dan kawan-kawannya ikut membersihkan. Anak-anak muda yang tergabung dalam Bina Garda Cemara (BGC) ada sekitar 30-an anak ditambah dengan sejumlah personel dari muspika dan desa. “Senang acaranya berjalan dengan baik. Sambutan muspika dan pengelola juga baik. Warga juga merasa senang dengan tindakan kami ini,” pungkasnya. (

(jr/fid/sh/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia