Senin, 25 Jun 2018
radarjember
icon featured
Radar Ijen

Hati-Hati di Jalur Black Spot

Kamis, 14 Jun 2018 21:00 | editor : Dzikri Abdi Setia

operasi lalu lintas, polres bondowoso,

OPERASI: Inilah salah satu operasi lalu lintas yang digelar Polres Bondowoso. Selama ini, pelanggaran lalu lintas masih tinggi. (Sholikhul Huda/Radar Ijen)

Masyarakat harus berhati-hati saat perjalanan Lebaran 1439 H kali ini. Sebab, pelanggaran lalu-lintas masih tinggi. Kecelakaan lalu lintas banyak disebabkan oleh pelanggaran lalu lintas oleh pengguna jalan. Untuk itu, pengguna jalan diminta ekstra hati-hati. Khususnya di jalur black spot yang sangat rawan kecelakaan lalu lintas. 

Kasatlantas Polres Bondowoso AKP Jalaludin mengatakan, pihaknya membuat beberapa posko Lebaran. Ini untuk memudahkan pantauan dan memberikan kenyamanan bagi para pengendara. “Ada rest area-nya juga, jadi masyarakat yang lelah bisa mampir untuk beristirahat,” terangnya.

Selama arus mudik ini, Polres menentukan beberapa titik rawan. Yakni di Grujugan dan di Tapen. Titik rawan ini ditentukan karena sering terjadi kecelakaan. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati. “Terutama harus memperhatikan perlengkapan kendaraan,” tegasnya.

Berdasarkan catatan Satlantas Polres Bondowoso, April-Mei lalu telah dilakukan Operasi Patuh 2018. Pihaknya berhasil menemukan tindak pelanggaran lalu lintas sebanyak 1.975 orang. Ada beberapa pelanggaran yang ditemukan, seperti tidak menggunakan helm, pemakaian spion yang tidak sesuai dengan spesifikasi, menggunakan knalpot bising, hingga tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat kendaraan.

Berbagai tindak pelanggaran itu ditemukan di sepanjang Jl. Ahmad Yani hingga pos polisi bundaran Nangkaan. Sebab, titik tersebut disinyalir merupakan titik utama rawan pelanggaran lalu lintas.

Dalam kesempatan yang sama, satlantas juga berhasil mengamankan 68 kendaraan tidak ber-STNK. Terdiri dari satu kendaraan roda empat dan 67 kendaraan roda dua. “Saat arus mudik, tentunya volume kendaraan akan meningkat. Karenanya, jalur pasti bertambah ramai. Imbauan kami, masyarakat harus tertib berlalu lintas,” pungkasnya. 

(jr/hud/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia