Senin, 25 Jun 2018
radarjember
icon featured
Radar Ijen

PPK dan PPS Persiapkan Logistik

Kamis, 14 Jun 2018 22:10 | editor : Dzikri Abdi Setia

pilkada Bondowoso, KPU Bondowoso,PPS, PPK,
Berita Terkait

Menjelang hari raya, kesibukan penyelenggaraan pemilihan umum semakin meningkat. Seperti dilakukan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS), kemarin (12/6). Mereka menyiapkan kertas suara untuk seluruh tempat pemungutan suara (TPS) dengan menghitung kertas surat suara, kemudian memasukkannya ke kotak.

Pantauan Jawa Pos Radar Ijen, packing itu dilakukan untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Bondowoso. Jadwal tiap PPK dan PPS berbeda, mereka bergantian melakukan packing di gudang KPU yang berada di depan SMPN 5 Kembang. Dengan membawa data jumlah pemilih, PPK dan PPS menghitung kebutuhan masing-masing TPS. Setelah itu, seluruhnya di masukkan ke kotak suara dan disegel. “Itulah kotak yang nantinya didistribusikan ke seluruh TPS,” jelas Mochammad Rizal Abdillah, ketua PPK Maesan.

Berdasarkan jumlah DPT, ada sebanyak 578.741 pemilih. Terdiri atas 278.180 laki-laki dan 300.561 perempuan. Namun di setiap TPS, ada surat suara tambahan sebanyak 2,5 persen. Semua itu dipersiapkan saat ini, untuk kemudian didistribusikan ke TPS.

Menurut Rizal, packing itu masih untuk persiapan pemilihan bupati dan wakil bupati Bondowoso. Masih ada sesi kedua untuk packing pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur. “Kami menunggu instruksi,” ujarnya. Rizal menambahkan, saat ini PPK dan PPS tengah sibuk-sibuknya melakukan bimtek TPS. Setiap hari masih ada jadwal bimtek. 

Oleh karenanya, walau mendekati Lebaran, pihaknya tidak bisa libur. “Persiapan semakin dekat, kami terus bekerja agar penyelenggaraan pilkada nanti berjalan dengan lancar,” pungkasnya. 

(jr/hud/ram/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia