Jumat, 22 Jun 2018
radarkediri
icon featured
Features

Gusseto Aji Bimo Pramana, Pengusaha Muda Asli Kota Kediri

Ekspor Kopi ke Kroasia

Rabu, 21 Feb 2018 15:30 | editor : Adi Nugroho

gusseto aji - radar kediri

Gusseto Aji Bimo Pramana (Dok Gusseto Aji For JawaPos.com/RadarKediri)

Gusseto Aji Bimo Pramana membuat gebrakan di awal tahun 2018. Pengekspor kopi asli Kota Kediri ini berhasil menembus pasar kopi Kroasia. Kopi Blanco Coffee Indonesia berhasil memikat konsumen dari Kroasia.

Bimo menjadi wakil Indonesia di Zagreb Coffee Break di Mimara Museum, Kroasia pada 17-18 Februari 2018. Di negeri pemain sepak bola Luka Modric ini, Bimo membawa misi penting. Anak kedua dari pasangan Gus Sunoto IM dan Wara S. Renny Pramana ini harus bersaing dengan pengekspor kopi dari negara-negara lain. Ada yang dari Eropa, Amerika, hingga Afrika. “Persaingan kopi di dunia sangat ketat,” ujar Bimo.

SPESIAL: Kopi dari Blanco Coffee Indonesia.

SPESIAL: Kopi dari Blanco Coffee Indonesia. (Dok Gusseto Aji For JawaPos.com/RadarKediri)

Di Zagreb Coffee Break tersebut, Bimo berhasil membuat buyer dan pengunjung kagum dengan kopi dari Blanco Coffee Indonesia. Rasa kopi Indonesia ternyata tidak kalah dengan kopi-kopi dari negara lain. Bahkan, kopi Indonesia memiliki banyak kelebihan dibandingkan kopi dari negara lain. Sehingga, Bimo langsung menandatangani kerja sama dengan buyer dari Kroasia. “Kopi di Kroasia sudah tidak menjadi gaya hidup tetapi kopi adalah kebutuhan,” ujar lulusan Fakultas Hukum UGM ini.  

Setelah penandatanganan kerja sama, buyer kopi dari Kroasia meminta agar Bimo segera mengirimkan kopi sebanyak 8 kuintal lewat pengiriman express. Karena banyaknya peminat. “Untuk kiriman yang ton-ton, buyer bersedia menunggu kiriman lewat kapal laut,” ujar Bimo.

Untuk itu, di awal tahun ini, Bimo memutuskan untuk menyewa gudang di Tanjung Priok, Jakarta. Gudang tersebut digunakan untuk menampung kopi sebelum diekspor ke negara-negara yang sudah kerja sama dengan Blanco Coffee Indonesia.

Kemudian, Bimo juga membeli lahan untuk kopi. Karena kualitas kopi yang diinginkan buyer dari mancanegara adalah kopi dengan kualitas terbaik. Sehingga, mulai dari bibit, perawatan, hingga panen, kopi harus sesuai dengan yang diinginkan pasar. “April nanti, saya akan ke Inggris, Jerman, Belanda, dan Italia untuk mencoba menawarkan kopi Indonesia. Mudah-mudahan kopi Indonesia banyak peminatnya,” harapnya.

    

(rk/die/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia