Senin, 25 Jun 2018
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Model yang Dalami Bahasa Jawa

Kamis, 18 Jan 2018 09:09 | editor : Ali Mustofa

Maysita Christy Pramandari

Maysita Christy Pramandari (DOK. PRIBADI)

MENEKUNI pendidikan bahasa Jawa menjadi pilihan Maysita Christy Pramandari di zaman now ini. Dia tidak menganggap bahasa itu kuno. Tapi justru ingin melestarikan budaya berbahasa Jawa. Sebab, bahasa Jawa menjungjung tinggi tata krama atau sopan santun.

Maysita –sapaan akrabnya- mengaku, sejak kecil sudah suka dengan bahasa Jawa. Bahkan saat duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) sudah bisa menguasai penulisan huruf aksara Jawa. ”Belajar bahasa Jawa itu asyik. Karena memiliki filosofi indah di dalamnya. Baik dari bahasa maupun budayanya,” ungkap warga Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, Kudus.

Untuk bisa menguasai bahasa Jawa, dia melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi. Yakni di Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan pilihan Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Jawa.

Dalam belajar bahasa tersebut, gadis kelahiran Semarang, 9 Desember 1996 ini juga menjumpai kesulitan. Yakni terdapat dalam bahasanya sendiri. Menurutnya, bahasa Jawa mempunyai beraneka ragam jenis, seperti bahasa krama, ngoko, ngapak, dan lainnya. Sehingga, harus bisa menggunakan unggah-ungguh yang sesuai penggunaannya.

”Kalau yang paling sulit itu bahasa Jawa kuno. Kamusnya gede banget, jadi harus menerjemahkan satu per satu kata. Sedangkan, yang paling saya suka adalah cerita rakyat,” ungkapnya.

Dia bahkan mempunyai niat yang bulat untuk mengajar bahasa Jawa sekaligus memberikan sosialisasi untuk masyarakat betapa pentingnya melestarikan bahasa Jawa, khususnya kepada anak usia sekolah. ”Hal itu akan saya lakukan lebih ke penyuluhan kepada masyarakat, bagaiamana dampak positif terhadap pengenalan bahasa Jawa sejak dini,” ujarnya.

Selain jago bahasa Jawa, gadis yang pernah meraih prestasi 10 besar dalam Lomba Hijabers Semarang 2017 ini, juga aktif di dunia modelling di lingkungan kampus maupun freelance.

(ks/ruq/lil/top/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia