Senin, 25 Jun 2018
radarmadiun
icon featured
Ponorogo

Proyek Puskesmas Ngebel Mangkrak Setahun 

Jumat, 08 Dec 2017 14:30 | editor : Budhi Prasetya

Proyek Mangkrak

Gedung Puskesmas Ngebel yang sudah mangkrak setahun akibat tidak selesai dibangun kontraktor pada akhir 2016 lalu.  (Dok/Radar Ponorogo)

NGEBEL –  Pembangunan Puskesmas Ngebel yang terbengkalai setahun. Akibatnya pasien rawat inap menempati gedung milik Balai Pengairan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Bengawan Solo.

Kondisi ini sempat membuat kalangan dewan setempat meradang. Mensikapi hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo pun angkat bicara. Kepala Dinkes Ponorogo drg Rahayu Kusdarini membantah macetnya proyek karena pihaknya lemot menangangi. 

‘’Tapi karena memang belum bisa ditangani,’’ katanya, Kamis (7/12).

Irin –sapaan Rahayu Kusdarini—menjelaskan mengapa hingga saat ini pembangunan gedung belum juga dilanjutkan. Proyek tersebut adalah program 2016. Namun dalam perjalanannya, proyek tersebut tidak selesai sampai batas waktu kontrak habis. 

‘’Karena tidak selesai, kami putus kontrak,’’ jelasnya.

Sampai pemutusan kontrak itu, progres pembangunan gedung masih sekitar 52 persen. Kondisi itu, menurut Irin, karena kesalahan rekanan yang tidak mampu menyelesaikan, bukan terkait anggaran. 

Sebab hingga pemutusan kontrak itu, dia juga sudah membayarkan kepada rekanan sesuai pekerjaan rekanan. 

‘’Nah, untuk melanjutkan lagi proyek itu juga tidak mudah, ada aturan yang harus dipatuhi,’’ tambahnya.

Secara aturan, lanjut Irin, pihaknya tidak bisa melanjutkan proyek sebelum masa pengawasan selama enam bulan habis. Artinya, jika proyek tersebut terhenti pada akhir Desember 2016, baru bisa lelang setelah Juni 2017. 

Tapi kenyataannya selama 2017 tidak ada upaya melanjutkan proyek itu. Alhasil proyek setengah jadi itu pun terbengkalai hingga sekarang.

‘’Memang tahun ini kami tidak menganggarkan, karena hanya bisa melalui Perubahan APBD 2017,’’ jelasnya.

Dan jika dianggarkan dalam Perubahan APBD, kemungkinan besar tidak akan selesai hingga akhir tahun ini. Sebab, harus lelang dulu baru bisa dikerjakan. Karena itu pihaknya mengalokasikan anggaran proyek pembangunan Puskesmas Ngebel pada 2018. 

(mn/tif/sib/sib/JPR)

 TOP
 
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia