Senin, 18 Jun 2018
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Bahasa Arab Bentuk Karakter Bangsa

Senin, 18 Dec 2017 11:45 | editor : Abdul Basri

Dosen Bahasa Arab STAIN Pamekasan Achmad Muhlis

Dosen Bahasa Arab STAIN Pamekasan Achmad Muhlis (Radar Madura/JawaPos.com)

PAMEKASAN – Hari Bahasa Arab Sedunia yang diperingati setiap 18 Desember memiliki makna sangat penting bagi umat Islam. Sebab, bahasa Arab bukan saja alat komunikasi manusia, tetapi juga memiliki nilai-nilai yang sublim. Bahasa Arab merupakan bahasa agama Islam, bahasa Alquran dan hadis. Bahasa Arab juga memiliki nilai kesusastraan yang sangat tinggi melampaui kesusastraan bahasa-bahasa lain di dunia.

Pandangan di atas disampaikan Dosen Bahasa Arab STAIN Pamekasan Achmad Muhlis. Menurut dia, idealnya masyarakat muslim di seluruh pelosok negeri mencurahkan perhatian terhadap bahasa Arab. Baik dengan cara mempelajari untuk diri sendiri ataupun memfasilitasi dan mengarahkan orang lain untuk mendalami seluk beluknya, yang akan berimplikasi besar pada terbentuk pola pikir, perilaku, dan karakter bangsa yang diidam-idamkan bersama.

”Setiap muslim dianjurkan dan diperintahkan untuk mempelajari bahasa Arab demi kesempurnaan dalam menjalankan segala aspek agamanya,” kata Achmad Muhlis. ”Selamat Hari Bahasa Arab Sedunia,” tegasnya.

(mr/mam/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia