Minggu, 24 Jun 2018
radarmadura
icon featured
Features

Semangat Ibu-Ibu Galang Dana Kemanusiaan untuk Rakyat Palestina

Rabu, 10 Jan 2018 07:25 | editor : Abdul Basri

PEDULI: Ibu-ibu dari RIK menggelang dana kemanusiaan untuk Paestina di Jalan Raya Trunojoyo, Kota Pamekasan, kemarin.

PEDULI: Ibu-ibu dari RIK menggelang dana kemanusiaan untuk Paestina di Jalan Raya Trunojoyo, Kota Pamekasan, kemarin. (IMAM S. ARIZAL/Radar Madura/JawaPos.com)

PAMEKASAN -  Jarum jam menunjukkan pukul 16.05 kemarin (9/1). Ibu-ibu berpakaian muslimah berdiri lengkap dengan kardus di pertigaan Jalan Trunujoyo, Kota Pamekasan. Kardus-kardus tersebut bertulis dari Madura untuk Palestina.

Setiap pengendara yang berhenti di traffic light didatangi. Dengan senyum ramah, ibu-ibu itu menjelaskan bahwa mereka menggalang dana untuk rakyat Palestina. ”Untuk Palestina, Pak. Untuk Palestina, Bu,” demikian suara yang terdengar dari para relawan itu.

Ada belasan orang yang turun jalan sore kemarin. Ini bukan kali pertama mereka turun. Sekitar seminggu terakhir mereka menyempatkan diri mencari dana untuk didonasikan kepada para pengungsi akibat konflik kemanusiaan di Palestina.

Tidak semua pengendara memberikan donasi. Ada yang membalas dengan senyuman. Ada pula yang hanya dengan tatapan sinis. Bahkan tak jarang pengendara roda empat yang tidak sudi membuka kaca mobilnya. Jangankan memberikan donasi, membalas senyuman ibu-ibu pun tidak bersedia.

Tetapi, ibu-ibu dari Rumah Inspirasi Kita (RIK) itu tak patah semangat. Ditolak oleh satu pengendara, pindah ke pengendara lainnya. Dalam sekali traffic light berganti lampu merah, mereka bisa mengumpulkan uang puluhan ribu rupiah.

Ketika koran ini mendekat, ibu-ibu itu punya cara unik agar pengendara bersedia memberikan donasi meski hanya Rp 1.000 atau nominal yang lebih besar. Mereka membujuk dengan iming-iming akan masuk koran.

”Bu, ayo nyumbang. Besok masuk koran Radar Madura, lo,” bujuk salah seorang relawan RIK ketika warga tak kunjung memberikan sumbangan. Jurus ini ada yang membuahkan hasil. Tapi, tak sedikit juga yang hanya senyum karena sadar sedang disorot kamera.

Ketua RIK Pamekasan Eka Emmy mengatakan, aksi galang dana ini merupakan bentuk kepedulian terhadap umat Islam di Palestina. Bagi mereka, warga Palestina yang mayoritas Islam merupakan saudara. Meski tak pernah kenal dan bukan sedarah, pertemuan spiritual sesama muslim membuat mereka iba.

”Mereka adalah saudara kita semua. Kita merasa terpanggil untuk membantu agar beban kemanusiaan warga Palestina terkurangi,” kata Eka Emmy.

Dana kemanusiaan itu akan dikumpulkan dengan dana dari organisasi lain di Pamekasan. Organisasi lainnya juga menggalang dana di tempat-tempat berbeda. Ada yang menggelar di jalan, ada pula yang mendatangi orang per orang.

Puncak kegiatan penggalangan dana akan diisi dengan panggung amal dari Madura untuk Palestina. Acara tersebut akan dilaksanakan Sabtu pagi (13/1) di lapangan Pendapa Ronggosukowati Pamekasan. Panitia yang melibatkan semua elemen, termasuk Jawa Pos Radar Madura, akan menghadirkan penyanyi religi Opick Tombo Ati.

Kepala Jawa Pos Radar Madura Biro Pamekasan Sari Purwati menerangkan, ada banyak rangkaian kegiatan pada Sabtu nanti. Selain Opick, panggung penggalangan dana akan diisi talent lokal.

Acara tersebut dijadwalkan dihadiri Wakil Bupati Pamekasan Khalil Asy’ari, para anggota forkopimda, kepala organsasi perangkat daerah (OPD), dan undangan lainnya. ”Acara itu terbuka untuk umum. Kami harap donasi semakin hari semakin bertambah. Ini murni demi kemanusiaan,” tukas Sari.

(mr/mam/hud/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia