Sabtu, 23 Jun 2018
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Imbau Warga Segera Urus Rekaman E-KTP

Rabu, 17 Jan 2018 17:01 | editor : Abdul Basri

PROSES PEREKAMAN: Warga saat mengurus data kependudukan di kantor Dispendukcapil Bangkalan beberapa waktu lalu.

PROSES PEREKAMAN: Warga saat mengurus data kependudukan di kantor Dispendukcapil Bangkalan beberapa waktu lalu. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/Radar Madura/JawaPos.com)

BANGKALAN – Warga wajib e-KTP di Bangkalan sebanyak 787.444 orang. Namun, hingga saat ini masih ada 153 ribu lebih penduduk yang belum melakukan perekaman. Jika tidak segera diurus, mereka terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada pilkada mendatang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Bangkalan Rudiyanto mengutarakan, warga yang belum rekam e-KTP cukup tinggi. Namun, setiap hari jumlahnya terus berkurang. ”Cukup tinggi. Tapi, tetap kami upayakan,” ujarnya Selasa (16/1).

Rudi menyampaikan, petugas dispendukcapil terus turun ke lapangan. Di antaranya, ke sekolah-sekolah dan pondok pesantren. ”Selain melayani di kecamatan dan mobil keliling, kami juga ke sekolah dan pondok pesantren. Tujuannya, agar masyarakat yang belum memiliki e-KTP segera melakukan perekaman,” katanya.

Dia juga berharap kesadaran masyarakat untuk mengurus perekaman e-KTP. Kemudian, bagi anggota keluarga yang sudah meninggal untuk segera melaporkan ke lembaganya. ”Supaya enak pendataannya,” ucapnya.

Ketua KPU Bangkalan Fauzan Jakfar mengapresiasi terobosan-terobosan dispendukcapil untuk mempercepat proses perekaman. Dia tentu sangat mendukung. Dia berharap semua warga Bangkalan yang sudah punya hak pilih pada pilkada mendatang, bisa mengunakan hak pilihnya. Tentunya jika sudah melakukan perekaman e-KTP.

(mr/daf/onk/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia