Jumat, 22 Jun 2018
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

Istighotsah Buka Deklarasi Kampanye Damai

Senin, 19 Feb 2018 17:21 | editor : Abdul Basri

KHIDMAT: Komisioner KPU Sampang Divisi SDM dan Parmas Miftahur Rozaq memimpin pembacaan ikrar kampanye damai diikuti paslon bupati dan Wabup di halaman KPU Minggu (18/2).

KHIDMAT: Komisioner KPU Sampang Divisi SDM dan Parmas Miftahur Rozaq memimpin pembacaan ikrar kampanye damai diikuti paslon bupati dan Wabup di halaman KPU Minggu (18/2). (ZAINAL ABIDIN/Radar Madura/JawaPos.com)

SAMPANG – KPU Sampang menyeleggarakan Deklrasi Kampanye Damai Pilkada 2018 Minggu (18/2). Acara di halaman kantor KPU itu dihadiri Bupati Fadhilah Budiono, forkopimda, tokoh ulama, paslon bupati dan wabup, beserta partai pendukung dan tim sukses (timses) masing-masing.

Acara dibuka dengan isthigotsah. Dilanjutkan pembacaan ikrar kampanye damai, penandatanganan naskah deklarasi, serta pernyataan komitmen kampanye damai anti-hoax, politisasi SARA, dan poltitik uang. Kemudian, ditutup dengan pelepasan balon dan merpati.

Komisioner KPU Sampang Divisi SDM dan Parmas Miftahur Rozaq mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan berdasar instruksi KPU RI serentak di seluruh kota/kabupaten yang tahun ini menggelar pilkada. Tujuannya, menunjukkan kepada publik bahwa paslon memiliki komitmen sama untuk mewujudkan pilkada damai, mencegah gesekan, dan konflik.

”Kami sengaja mengisi acara dengan kegiatan istigotsah. Sebab, istighotsah merupakan ciri khas Sampang untuk mengedapankan kesejukan dan kedamaian dalam penyelenggaraan pilkada. Alhamdulillah semua paslon dan tamu undangan hadir,” katanya.

Dia berharap kegiatan itu tidak hanya seremonial. Tetapi, bisa direalisasikan dengan baik oleh paslon, partai pendukung, dan timses selama masa kampanye. ”Kami ingin pilkada tahun ini menjadi pendidikan politik yang baik bagi masyarakat Sampang,” ucapnya.

Ketua KPU Sampang Syamsul Mu’arif menambahkan, semangat dan komitmen tersebut untuk mewujudkan pilkada demokratis, jujur, dan adil, serta berintegritas dan berkualitas. Setiap tahapan pilkada dilaksanakan dengan profesional dan proporsional. ”Suksesi pilkada merupakan tanggung jawab bersama,” katanya.

(mr/nal/luq/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia