Sabtu, 23 Jun 2018
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

Ra Momon dan Fadhilah Lengser, Ini Penggantinya

Rabu, 14 Mar 2018 01:01 | editor : Abdul Basri

TIDAK ASING: Pj Bupati Bangkalan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh bersam Sekkab Eddy Moeljono dan Kajari Riono Budi Santoso.

TIDAK ASING: Pj Bupati Bangkalan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh bersam Sekkab Eddy Moeljono dan Kajari Riono Budi Santoso. (DAFIR/Radar Madura/JawaPos.com)

SURABAYA – Terjawab sudah rasa penasaran masyarakat terkait sosok penjabat (Pj) bupati Bangkalan. Selasa (13/3), Gubernur Jatim Soekarwo resmi melantik Kepala Badan Perwakilan Wilayah (Baperwil) Pamekasan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh sebagai Pj bupati Bangkalan. Pelantikan berlangsung di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Pada kesempatan yang sama, gubernur juga melantik Pj Bupati Bojonegoro Suprianto (Asisten I Setdaprov Jatim), Pj Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo (Kepala Baperwil Jember), dan Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto (Kepala Bakesbangpol Jatim). Penunjukan Pj bupati dilakukan karena bupati sebelumnya sudah masuk akhir masa jabatan (AMJ).

Di Bangkalan, masa jabatan Bupati Muh. Makmun Ibnu Fuad dan Wakil Bupati Mondir A. Rofii berkhir pada 4 Maret 2018. Berdasar UU 10/2016, Pj bupati menggantikan bupati yang purnatugas sebelum digelar pilkada serentak pada 27 Juni mendatang.

AMANAH BARU: Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto.

AMANAH BARU: Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto. (ISTIMEWA)

Gubernur menunjuk pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemrov Jatim sebagai Pj bupati. ”Batas maksimal masa jabatan Pj bupati satu tahun. Untuk itu, jadilah Pj bupati di daerah sebaik mungkin,” kata Soekarwo.

Pj Bupati Bangkalan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh berkomitmen, amanah baru itu akan dilaksakanakan dengan baik. Tugas utama Pj bupati adalah mengamankan dan menyukseskan roda pemerintahan. Pelaksanaan Pilkada Bangkalan juga menjadi salah satu tanggung jawab Pj bupati.

Pria yang akrab disapa Indra itu menyampaikan, hal pertama yang akan dilakukan sebagai Pj bupati yakni berkoordinasi dengan seluruh pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangkalan. ”Mendengarkan masukan dari pejabat-pejabat di lingkungan pemkab,” ucap suami Annie Retnowati tersebut.

Dia ingin, pemerintahan di Bangkalan yang sudah baik perlu disempurnakan lagi. ”Nanti bersama OPD kami lanjutkan roda pemerintahan,” tegasnya. Indra juga bakal secepatnya melakukan koordinasi dengan DPRD, polres, kodim, kejaksaan, dan PN Bangkalan. ”Koordinasi penting dilakukan. Formpimda adalah mitra kami,” ucapnya.

Indra menuturkan, jabatan Pj bupati biasanya paling lama delapan bulan. Namun, kepastiannya tetap menunggu pelantikan bupati terpilih hasil pilkada. Sebenarnya, kata dia, menjadi Pj bupati Bangkalan merupakan tugas baru. Namun, dia tidak asing dengan Madura.

Sebab, selama ini Indra menjabat kepala Baperwil Pamekasan. Selain itu, ibu kandung dia memang dari Pamekasan. ”Tidak asing karena saya keturunan Bama (Bali-Madura). Ayah orang Bali, ibu Pamekasan,” tuturnya.

Mantan kepala Dispenda Jatim itu menambahkan, dalam mengemban amanah Pj bupati, dia meminta kerja sama semua pihak. ”Terutama pimpinan OPD, DPRD, dan forpimda,” tukas dia.

Sekkab Bangkalan Eddy Moeljono mengucapkan selamat datang kepada I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh. ”Sekarang Pj bupati Bangkalan sudah dilantik. Kami punya teman baru ke depan,” katanya.

”Jabatan saya sebagai Plh bupati sudah gugur karena Pj bupati sudah dilantik. Sekarang saya kembali fokus sebagai Sekkab,” ucapnya, lalu tersenyum.

Di Sampang, Pj Bupati Jonathan Judiyanto menggantikan Bupati Fadhilah Budiono yang sudah habis masa jabatannya. Kepemimpinan di Pemkab Sampang sempat diisi Plh Bupati Puthut Budi Santoso yang sekaligus menjabat Sekkab.

Jonathan Judiyanto berkomitmen kehadirannya di Kota Bahari harus bermanfaat bagi masyarakat. Dia akan melaksanakan program yang membantu masyarakat. Salah satunya, mempertajam realisasi pembangunan. ”Mengubah rencana program tidak mungkin. Sekarang kami harus mempertajam realisasi dengan baik agar bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Program yang akan dikedepankan adalah yang menyangkut kepentingan masyarakat. Jonathan Judiyanto berjanji bakal memerhatikan peningkatan pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan lainnya. Banjir juga menjadi atensinya. ”Kami akan lihat langsung kondisi banjir,” tegasnya.

Sekkab Sampang Puthut Budi Santoso menyampaikan selamat datang kepada Pj Bupati Jonathan Judiyanto bersama keluarga. Dia menyatakan, kehadiran Pj bupati akan menjadi motivasi baru bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sampang. ”Selamat datang, mari bersama-sama membangun Sampang,” ucapnya. 

(mr/daf/fat/hud/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia