Minggu, 27 May 2018
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

Banyak Daftar Calon Pemilih Tidak Memenuhi Syarat

Kamis, 19 Apr 2018 02:44 | editor : Abdul Basri

A. WARITS: Ketua KPU Sumenep

A. WARITS: Ketua KPU Sumenep (MUSTAJI/Radar Madura/JawaPos.com)

SUMENEP – KPU Sumenep melakukan sidang pleno penetapan DPT Pilgub Jawa Timur, Kamis (19/4). Pleno ini di STKIP PGRI Sumenep itu akan dihadiri seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK). Para PPK dari 27 kecamatan tersebut diminta membawa data daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPS-HP).

”Setelah pleno, baru diketahui berapa jumlah pemilih tetap di Sumenep,” kata Ketua KPU Sumenep A. Warits, Rabu (18/4).

Komisioner KPU Sumenep Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data Pemilih Rahbini menambahkan, jumlah DPT bisa saja berkurang dari DPS. Sebab, banyak daftar calon pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Dia tidak bisa memastikan berapa persen tingkat menyusutnya angka pemilih. ”Belum tahu saya karena masih di masing-masing PPK,” terang alumnus UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta itu.

Di samping ada pengurangan karena TMS, pihaknya juga memastikan ada sedikit tambahan daftar pemilih. Hal itu terjadi karena ada daftar warga yang tidak masuk DPS. ”Ada pengurangan karena TMS dan juga penambahan karena ada masukan dari masyarakat,” tegasnya.

Sebagaimana diinformasikan Jawa Pos Radar Madura sebelumnya, KPU Sumenep menetapkan DPS 867.081 jiwa. Pemilih perempuan 459.111 orang dan pemilih laki-laki 407.970 jiwa.

Pilgub Jatim akan digelar pada 27 Juni 2018 dengan diikuti oleh dua pasangan calon. Yakni, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

(mr/mam/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia