Minggu, 27 May 2018
radarmojokerto
icon featured
Hukum & Kriminal

Rumah Hancur Disasar Dump Truck, Sekeluarga Selamat

Sabtu, 27 Jan 2018 23:40 | editor : Mochamad Chariris

Sriyati membersihkan material ruang tamu rumahnya yang mengalami kerusakan setelah disasar dump truck bermuatan pasir.

Sriyati membersihkan material ruang tamu rumahnya yang mengalami kerusakan setelah disasar dump truck bermuatan pasir. (Khudori Aliandu/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO - Sebuah dump truck bermuatan pasir menabrak rumah sekaligus kafe di Jalan Dusun Bulak Sempu, Desa Gebangsari, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jumat dini hari (26/1).

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal ini, namun bangunan rumah milik Sriyati, 55, hancur berantakan. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 04.00. Saat itu, dump truck nopol B 9022 SYT dikemudikan Agus Putra, 78, melaju dari arah utara hendak mengirim material pasir ke PT Timbul Jaya, sebagai bahan baku pembuatan batu bata ringan.

Nahas, dalam perjalanan, truk dikemudikan warga Desa Pakis, kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, ini mengalami kecelakaan tunggal. Truk terguling hingga pasir jenis silika tumpah di dalam rumah. ’’Tiba-tiba saya mendengar suara brak cukup keras,’’ kata Sriyati.

Dia juga merasakan benturan dan getaran keras. Bahkan, dia bersama dua anak dan cucunya terbangun dari tidur. ’’Begitu kami keluar, rumah saya sudah hancur berantakan,’’ jelasnya. Perabotan rumah di teras dan ruang tamu tidak bisa diselamatkan. Seperti kursi, meja dan perabotan rumah tangga lainnya. ’’Semuanya rusak. Bagian depan tidak ada yang tersisa,’’ tambahnya.

Satu unit sepeda motor Suzuki Satria F 125 Nopol S 2799 PM diparkir di ruang tamu ikut tertimpa bangunan. Beruntung, saat kecelakaan tidak ada penghuni rumah yang tiduran di ruang tamu. Padahal adik Sriyati, Kusmiadi, biasa beristirahat di ruang tamu. ”Alhamdulillah blai selamet. Tidak ada korban jiwa,’’ beber Sriyati.

Dia meminta sopir dump truck bertanggung jawab. Hampir 25 persen bangunan rumahnya hancur. Di antaranya bagian teras, pagar, dinding ruang tamu roboh, dan dinding rumah retak-retak. ’’Yang pasti, kami minta ganti rugi dan kerusakan segera diperbaiki. Kerugian diperkiraan Rp 50 juta,’’ tandasnya.

Kasatlantas Polres Mojokerto, AKP Nopta Histaris Suzan membenarkan kecelakaan tunggal melibatkan sebuah dump truck ini. Menurut Nopta, untuk kepentingan penyelidikan, sopir dump truck diamankan ke mapolres guna dimintai keterangan. ’’Dugaan sementara sopirnya mengantuk,’’ kelasnya.

(mj/ori/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia