Jumat, 25 May 2018
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Wow! Pasar Legi Mojosari Bakal Dibangun Tujuh Lantai

Senin, 23 Apr 2018 21:02 | editor : Mochamad Chariris

Pedagang pakaian di Pasar Legi Mojosari, Mojokerto saat menunggu pembeli.

Pedagang pakaian di Pasar Legi Mojosari, Mojokerto saat menunggu pembeli. (Rizal Amrullah/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO - Konsentrasi pembangunan pasar tradisional di Kabupaten Mojokerto hingga kini tak kunjung surut. Pemerintah tengah berancang-ancang menyulap Pasa Legi Mojosari menjadi pasar semimodern menjadi tujuh lantai.

Sedianya, dilengkapi berbagai fasilitas mumpuni. Hal itu ditegaskan Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa (MKP) kepada Jawa Pos Radar Mojokerto. Menurutnya, pembangunan tujuh lantai itu akan berada di tanah seluas 3,1 hektare.

’’Aset pemda seluas 1,9 hektare. Dan, aset PJKA (perusahaan jawatan kereta api) 1,2 hektare,’’ katanya. Bangunan setinggi tujuh lantai tersebut sejatinya untuk mewadahi para pedagang yang kini terus meluber di seluruh sudut pasar. ’’Semuanya sudah penuh dengan pedagang. Ini harus kita antisipasi,’’ tegas MKP.

Dengan bangunan tujuh lantai, pemda akan mengkategorikan para pedagang di tiap lantai. Mulai dari pedagang yang menjajakan barang basah, pakaian, mainan anak, kuliner, hingga parkir dan entertainment. Untuk dua lantai paling atas, imbuh MKP, untuk memfasilitasi dunia perbankan. Selain bisa memberikan akses perbankan, pedagang juga bisa mendapat fasilitas mudah untuk mengembangkan usahanya.

Pembangunan gedung setinggi tujuh lantai tersebut, bupati menghitung hanya membutuhkan anggaran Rp 120 miliar saja. ’’Sekali anggaran saja sudah bisa selesai,’’ pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mojokerto Bambang Purwanto, merinci, dengan pasar setinggi tujuh lantai, pemetaan pedagang akan lebih mudah.

Di antaranya, lantai satu untuk memenuhi pedagang pangan, lantai dua untuk pedagang pakaian, lantai tiga untuk kuliner dan mainan anak-anak, lantai empat parkir, dan lantai lima untuk entertainment. ’’Dua lantai paling atas, bisa untuk perbankan dan fasilitas lainnya,’’ tegas dia.

Agar pedagang dan pembeli lebih nyaman, pasar ini juga akan dilengkapi dengan eskalator dan lift. ’’Lift ini ada di bagian luar. Sehingga, dari bawah, bisa langsung naik ke lantai paling atas,’’ imbuh Bambang.

Saat ini, pembangunan pasar tersebut masuk tahap perencanaan. Bagi Bambang, program pembangunan pasar memang menjadi salah satu konsentrasi pembangunan pemda sejak lima tahun terakhir.

Deretan pasar telah disulap semimodern. Mulai dari Pasar di Dinoyo, Jatirejo, Pasar Dlanggu, Pasar Kedungmaling, Sooko, hingga Pasar Mojosari. Dana ratusan miliar telah digelontorkan untuk proyek tersebut.

(mj/ron/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia