Senin, 25 Jun 2018
radarsemarang
icon featured
All Sports

Kebut Renovasi Jelang Pelaksanaan Popnas

Kamis, 03 Aug 2017 15:20 | editor : Pratono

TERUS BERBENAH: Pekerja mulai melakukan tahapan renovasi venue renang GOR Jatidiri Semarang yang akan digunakan untuk gelaran Popnas Jateng 2017.

TERUS BERBENAH: Pekerja mulai melakukan tahapan renovasi venue renang GOR Jatidiri Semarang yang akan digunakan untuk gelaran Popnas Jateng 2017. (Nurchamim/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG - Panitia Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 masih menuntaskan dua venue yang dijadikan penyelenggaraan Popnas Jateng, yaitu kolam renang Gelora Jatidiri Semarang dan area danau Rawapening, Kabupaten Semarang untuk cabang dayung.

Renovasi kolam renang GOR Jatidiri saat ini tengah berlangsung. Beberapa aspek penting venue sedang dikebut penyelesaiannya agar bisa digunakan pada saat pelaksanaan Popnas September 2017 mendatang.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Renovasi Stadion Jatidiri dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng Prambudi menjelaskan, perbaikan kualitas kolam renang menjadi prioritas renovasi yang menelan anggaran mencapai Rp 850 juta tersebut.

“Renovasi kali ini kami prioritaskan untuk yang penting-penting saja sesuai alokasi anggaran seperti misalnya keramik kolam. Yang jelas targetnya selesai sebelum pelaksanaan Popnas,” kata Prambudi kemarin.

Karena renovasi tersebut otomatis kolam renang harus ditutup. Akibatnya pemusatan latihan cabor renang kontingen Jateng juga harus dipindahkan. Menurut Kasi Olahraga Pendidikan dan Prestasi Disporapar Jateng Kuncoro DW, ada dua lokasi yang dijadikan pilihan yaitu tetap di Kota Semarang dan Temanggung''Akibat renovasi itu, tentu kendalanya para perenang Jateng yang biasa TC di sana harus mencari venue alternatif untuk latihan,” katanya.

Ditambahkan Kuncoro, pihaknya juga terus menyiapkan venue dayung di Rawapening. Beberapa kendala yang masih dihadapi yaitu masih masih adanya tanaman enceng gondok dan keramba milik nelayan.

Di jalur lintasan dayung sepanjang 2,3 km, katanya, harus steril dari tanaman gulma dan keramba. Sejak Juni lalu, pembuatan lintasan dengan bambu sudah dilakukan. ''Jumat (4/8), kami akan berangkat ke Rawapening untuk memantapkan persiapan venue dayung ini. Selain memikirkan untuk membrantas gulma, kami akan akan bernegosiasi dengan warga setempat untuk menggeser keramba yang berada di wilayah lintasan dayung,'' tambahnya.

Dijelaskan dia, sebelum pelaksanaan Popnas pada 10-21 September mendatang, pihaknya berharap venue Popnas benar-benar siap. Diagendakan Ketua Umum PB Popnas yang juga juga Sekda Jateng Sri Puryono akan meninjau langsung semua venue yang digunakan, termasuk kesiapan akomodasi dan transportasi untuk penyelenggaraan Popnas. ''Pak Sekda akan mengecek lagi persiapan semua komponen penyelenggaraan Popnas. Harapan kami semua bisa clear sesuai rencana,'' imbuh mantan kabid binpres KONI Jateng itu.

(sm/dan/ton/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia