Jumat, 22 Jun 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Semarang

Berharap Salatiga Kembali Sejuk Seperti Tahun 90-an

Rabu, 10 Jan 2018 12:00 | editor : Pratono

PENGHIJAUAN : Jajaran Forkopimda Salatiga menanam pohon di lingkungan PT SCI, Selasa (9/1/2018).

PENGHIJAUAN : Jajaran Forkopimda Salatiga menanam pohon di lingkungan PT SCI, Selasa (9/1/2018). (Istimewa)

RADARSEMARANG.ID - Penghijauan kota merupakan tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, seluruh pemangku kepentingan mulai dari pemerintah daerah, pihak swasta, instansi/lembaga diharapkan untuk melaksanakan penghijauan di lokasi masing-masing.

Ajakan tersebut disampaikan oleh Wali Kota Salatiga Yuliyanto dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tingkat Kota Salatiga 2017 di PT Selalu Cinta Indonesia, Tetep Randuacir, Salatiga, Selasa (9/1/2018).

“Ruang Terbuka Hijau (RTH) kita baru ada sekitar 16 persen. Dalam beberapa tahun ke depan, saya harapkan agar angka tersebut mengalami kenaikan dengan peran serta semua pihak, mulai dari instansi pemerintahan, swasta dan juga masyarakat,” ujar Yuliyanto.

Selain itu, ia menyampaikan apresiasi kepada sekolah - sekolah adiwiyata, bank sampah dan juga kantor serta kampung hijau. “Harapan agar Kota Salatiga kembali menjadi sejuk seperti tahun 90-an bukanlah harapan semata, jika didukung oleh semua pihak.”

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga Prasetyo Ichtiarto mengatakan, kegiatan penanaman pohon tersebut untuk mengajak semua pihak agar semakin peduli terhadap penghijauan kota.

Dalam kesempatan tersebut Yuliyanto, Wakil Wali Kota Muh Haris bersama jajaran Forkopimda Kota Salatiga menanam 7 batang pohon di lingkungan PT SCI. Pohon yang ditanam antara lain pohon damar, kenari, ketapang kencana, kunto bimo, bungur, tanjung dan tabebuya daun lebar.

Sebelum penanaman pohon, diserahkan pula penghargaan kepada sekolah adiwiyata nasional yaitu SD N Mangunsari 3. Selain itu diserahkan pula penghargaan Adiwiyata Tingkat Kota Salatiga tahun 2017 untuk kategori SD, SMP, SMA serta lomba clean and gren kategori kampung serta kantor.

(sm/sas/ton/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia