Senin, 28 May 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Semarang

Agustus, Tol Semarang-Demak Dibangun

Selasa, 13 Feb 2018 12:09 | editor : Baskoro Septiadi

PERCEPAT PROYEK TOL: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai acara kick off Konsultasi Regional Kementrian PUPR di Aula Balai Ujicoba Sistem Diklat Perumahan dan Permukiman (BPSDM) Semarang.

PERCEPAT PROYEK TOL: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai acara kick off Konsultasi Regional Kementrian PUPR di Aula Balai Ujicoba Sistem Diklat Perumahan dan Permukiman (BPSDM) Semarang. (SIGIT ANDRIANTO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID - Proyek tol Semarang-Demak segera dimulai. Saat ini, progres pembangunan sudah sampai pada tahap penetapan lokasi (penlok) yang nantinya akan dilanjutan tender.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menjelaskan, selain memperlancar konektivitas, keberadaan tol ini nantinya sekaligus menjadi tanggul laut. Fungsinya adalah untuk mengatasi persoalan rob yang selama ini melanda wilayah Kaligawe Semarang.

”Saya waktu tiba di Semarang langsung meninjau sana, ternyata rob dan rusak jalannya,” jelasnya sembari menambahkan bahwa nilai investasi untuk tol Semarang-Demak mencapai Rp 10 triliun.

Sekretaris Djaerah (Sekda) Jawa Tengah, Sri Puryono, menambahkan, progres tol sejauh ini berjalan tanpa menemui kendala. Ia mengatakan, pembangunan tol Semarang-Demak dijadwalkan akan sampai pada tahap pengerjaan konstruksi pada Agustus 2018 nanti.  

”Kementerian Agraria dan Tata Ruang  (ATR) sudah menyetujui, tata ruangnya sudah oke. Insya’Allah, Doakan lah. Sip,” jelasnya usai acara kick off Konsultasi Regional Kementerian PUPR di Aula Balai Ujicoba Sistem Diklat Perumahan dan Permukiman (BPSDM) Jalan Prof Sudarto Semarang, Senin (12/2).

Hanya saja, pihakya masih menunggu kajian Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) yang dilakukan pemerintah pusat. Kajian Amdal dari pusat ini nantinya akan dinilai sebelum melakukan proses lelang.

Puryono berharap, proyek-proyek strategis nasional di bidang ke-PUPR-an di Jateng dapat selesai sesuai target.  ”Makanya saya tadi matur ke Pak Menteri, tentang kesulitan di Jawa Tengah akan diselesaikan bersama-sama, termasuk tol Semarang-Demak. Beres, aman lah,” terangnya.   

(sm/cr4/bas/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia