Senin, 28 May 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Semarang

RKPD Jateng 2019 Harus Utamakan Kemanfaatan Masyarakat

Selasa, 13 Feb 2018 12:20 | editor : Baskoro Septiadi

Gema DPRD Jateng

Gema DPRD Jateng

RADARSEMARANG.ID – DPRD meminta agar rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jateng 2019 benar-benar disemangati prinsip kemanfaatan bagi masyarakat. Prinsip tersebut hanya dapat terpenuhi jika rencana pembangunan disusun ke dalam program yang fokus pada prioritas dan sasaran berdasarkan isu-isu strategis yang telah teridentifikasi.

“RKPD harus disusun dengan prinsip bermanfaat untuk masyarakat Jateng. Itu yang utama agar bisa membangun Jateng,” kata Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi. Ia menambahkan, RKPD juga harus berorientasi pada output, outcome, benefit dan impact yang terukur. Isu-isu strategis pembangunan daerah menjadi prioritas yang harus diselesaikan secepatnya. “Harus ada inovasi dan kreasi dalam setiap program berdasar pada hasil penelitian dan pengembangan untuk kepentingan masyarakat,” tambahnya.

Untuk itu, dalam tahapan penting berupa penentuan program dan pengalokasian anggaran indikatifnya, ia mendukung perlunya konsistensi dan keseriusan untuk menjalankan perencanaan berbasis money follow program priority yang efektif dan efisien. “Dan itu akan menentukan apakah kesejahteraan masyarakat meningkat serta prinsip pembangunan daerah yang berkelanjutan dapat terus dijalankan,” ujarnya.

Dia menambahkan, terkait arah dan prioritas pembangunan daerah, bisa mencermati isu strategis pembangunan Jateng tahun 2019 dalam perspektif komparasi dengan tahun sebelumnya. Untuk tahun 2019 ditetapkan tujuh isu, yaitu: kemiskinan, daya saing ekonomi, kualitas dan daya saing sumber daya manusia, kedaulatan pangan dan energi, kesenjangan wilayah, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta tata kelola pemerintahan.

“Sebagai akhir penyampaian pandangan dan pertimbangan DPRD Jateng terhadap arah dan prioritas pembangunan Jateng tahun 2019, disampaikan pokok–pokok pikiran DPRD dalam reses masa sidang III tahun 2017. Secara agregatif dapat disandingkan sekaligus menjadi masukan,” tambahnya.

Harus ada prioritas yang dilakukan untuk meningkatkan dan membangun Jateng. Diantaranya peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, peningkatan kualitas dan kapasitas infrastruktur, pengawasan dan pengendalian aktivitas pertambangan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, penanggulangan bencana sampai peningkatan kesejahteraan pekerja dengan kebijakan penetapan upah.  

(sm/fth/bas/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia