Jumat, 22 Jun 2018
radarsemarang
icon featured
Berita Daerah

Jalan Pantura Kendal Makin Parah

Minggu, 18 Feb 2018 10:47 | editor : Ida Nor Layla

Kondisi jalur Pantura Kendal, tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta depan Pasar Kendal, lubang besar tersebut mengganggu kenyamanan pengendara.

BAHAYAKAN PENGENDARA : Kondisi jalur Pantura Kendal, tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta depan Pasar Kendal, lubang besar tersebut mengganggu kenyamanan pengendara. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, KENDAL—Belum lama diperaiki, jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) Kendal, rusak lagi.

Bahkan kerusakan cukup parah. Pantauan di lapangan, lubang jalan terpantau mulai dari Kaliwungu, Brangsong, Kendal, Patebon, Cepiring, Kangkung hingga Weleri. Kondisi tersebut membahayakan pengguna jalan, terutama pengendara roda dua.

Salah satu titiknya berada di Jalan Soekarno-Hatta, tepatnya depan Pasar Kendal. Diameter lubang sekitar 1,5 meter dengan kedalaman kurang lebih 10-15 sentimeter.

Lubang jalan dipicu karena intensitas hujan selama sepekan terakhir yang cukup tinggi, sehingga mengakibatkan tanah labil. Hal itu diperparah dengan kendaraan berat yang memuat tonase berlebih, sehingga mengakibatkan jalan terus tergerus.

Bahkan penambalan yang dilakukan oleh satuan kerja (satker) Kementrian PUPR, tidak bertahan lama. Jalan kembali rusak. 

Aditya Krisna, warga Weleri yang setiap hari bekerja ke Kendal dengan jarak tempuh 30 kilometer, mengaku harus ekstra hati-hati saat melintas jalur pantura Kendal. Terutama saat melintas di belakang kendaraan besar. Ia mengaku harus jaga jarak jauh, karena lubang tidak terlihat. “Sebab ada ratusan bahkan bisa sampai ribuan lubang,” keluhnya, (16/2/2018).

Hal senada dikatakan Umar Faruq, warga Kaliwungu. Ia mengaku beberapa kali hampir jatuh karena terperosok lubang yang besar. “Tidak sampai jatuh, cuma pelek saya bengkok sehingga harus masuk bengkel untuk dikenteng,” tandasnya.

Sekda kendal, Moh Toha prihatin dengan kondisi jalan Pantura di Kendal. Ia mengaku sudah berkirim surat terkait kerusakan jalan nasional itu ke provinsi. "Pemkab telah mengirimkan surat kepada pemerintah provinsi agar diteruskan kepada Pemerintah Pusat, Sehingga harapannya jalan Pantura Kendal segera diperbaiki," harapnya. 

(sm/bud/ida/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia