Jumat, 22 Jun 2018
radarsemarang
icon featured
Berita Daerah

PMI-BPBD Bantu Korban Banjir di Sayung

Senin, 19 Feb 2018 19:53 | editor : Ida Nor Layla

PMI, BPBD Kabupaten Demak, Sibat bersama sukarelawan bahu membahu memasak makanan untuk didistribusikan kepada para korban banjir di Kecamatan Sayung.

BANTU KORBAN BANJIR : PMI, BPBD Kabupaten Demak, Sibat bersama sukarelawan bahu membahu memasak makanan untuk didistribusikan kepada para korban banjir di Kecamatan Sayung. (M NUR WAHIDI /JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak membantu masyarakat Sayung Kabupaten Demak yang terdampak banjir sejak Kamis (15/2/2018). Wilayah yang dibantu meliputi 3 desa yaitu Desa Sayung, Desa Kalisari dan Desa Prampelan.

Kepala Markas PMI Demak, Ade Hariyanto mengungkapkan bahwa banjir yang terjadi di Kecamatan Sayung disebabkan oleh kiriman air dari Sungai Dombo Sayung dan air buangan dari PAM Kudu Semarang. “Jalan desa sepanjang 5 kilometer terendam air setinggi 30 hingga 100 sentimeter,” ungkapnya.

Ade mengharapkan agar banjir segera surut dan warga yang terdampak bisa beraktivitas normal. “Pemkab Demak bersama PMI dan lembaga lain, hingga hari ini masih memberikan pelayanan kepada warga, berupa penyediaan makanan melalui layanan dapur umum,” jelasnya.

Dapur umum yang dikelola PMI-BPBD bersama sukarelawan dan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) ini menyediakan kebutuhan makan dua kali sehari. “PMI dan BPBD sampai sore ini telah mendistribusikan lebih dari 22.000 paket nasi bungkus di Desa Kalisari dan Desa Sayung,” kata Staf Bidang Penanggulangan Bencana PMI Demak, Ahmad Habib,.

Selain ratusan rumah yang terendam, banjir juga mengakibatkan lahan pertanian mengalami gagal panen. “Ada kurang lebih 150 hektare lahan padi yang gagal panen di Desa Kalisari, sehingga masyarakat sangat membutuhkan bantuan logistic,” ungkap Habib.Pelayanan dapur umum ini akan berlangsung hingga masa tanggap darurat selesai atau kondisi perkampungan warga sudah normal kembali.

(sm/hid/ida/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia