Jumat, 22 Jun 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Kedu

Pengemudi Ojek Online Dilatih Tangani Luka

Jumat, 23 Feb 2018 16:20 | editor : Pratono

POSITIF : UM Magelang memberikan pelatihan kepada ojol terkait penanganan luka kecelakaan.

POSITIF : UM Magelang memberikan pelatihan kepada ojol terkait penanganan luka kecelakaan. (Dok Humas UM Magelang)

RADARSEMARANG.ID-- Universitas Muhammadiyah (UM) Magelamg menggelar pelatihan penanganan luka kecelakaan kepada pengemudi ojek online (ojol), Kamis (22/2/2018). Diharapkan melalui pelatihan ini, mereka semakin tanggap dalam menghadapi kecelakaan.

Pelatihan dipimpin oleh dua dosen Fikes UM Magelang yakni Ns Eka Sakti Wahyuningtyas MKep dan Ns Nurul Hidayah MS. Sebelumnya merekamengajukan proposal Program Kemitraan Universitas (PKU) UM Magelang dengan judul “PKU Bagi Paguyuban Ojek Online GrabBike Kota Magelang”.

Eka yang menjadi ketua panitia kegiatan menjelaskan, pesatnya perkembangan ojek online di Magelang perlu dimbangi dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan pengendara ojek tentang keselamatan berkendara. Termasuk pengetahuan bagaimana mengantisipasi kecelakaan di jalan raya. Salah satunya terkait penanganan luka akibat kecelakaan.

“Peran serta komunitas ojek online sebagai bagian dari penyedia pelayanan transportasi umum sangat dibutuhkan dalam mencegah dan menanggulangi dampak yang terjadi dari kejadian kecelakaan lalu lintas tersebut,” ujar Eka.

Eka mengungkapkan, sebanyak 15 ojol mengikuti Pelatihan Perawatan Luka sebagai bagian Pertolongan Pertama pada Kecelakaan. Kegiatan dilakukan setiap Sabtu di minggu ketiga dan keempat selama Januari hingga Februari.

Ketua Paguyuban Ojek Online Grab Bike Kota Magelang Agus Ismail menyambut antusias kegiatan tesrebut dan menyampaikan bahwa penanganan luka tidak bisa dianggap remeh. Setiap pengguna jalan yang menjadi bagian dari transportasi umum diharapkan memiliki kemampuan yang baik di bidang pertolongan pertama pada kecelakaan di jalan raya.

(sm/vie/ton/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia