Kamis, 21 Jun 2018
radarsemarang
icon featured
Ekonomi

Astra Tekankan Keamanan Berkendara

Senin, 05 Mar 2018 18:50 | editor : Ida Nor Layla

Salah satu siswa SMK binaan Astra Motor Jateng saat mempraktikkan safety riding belum lama ini.

AMAN BERKENDARA : Salah satu siswa SMK binaan Astra Motor Jateng saat mempraktikkan safety riding belum lama ini. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG - Astra Motor Jateng kembali menuai prestasi dalam kejuaraan bergengsi InnovAstra ke-34 yang diprakarsai PT Astra International Tbk sebagai holding dari 212 perusahaan Astra di Indonesia. InnovAstra merupakan ajang tahunan yang mewadahi dan memberi penghargaan kepada segala bentuk inovasi yang dijalankan dalam seluruh lini bisnis Astra.

Astra Motor Jateng mengirimkan program unggulannya yaitu Edu Youth Academy untuk ditandingkan dalam kategori lomba Astra Green Company dan Astra Friendly Company Awards (AGC & AFC Award) 2018 . Sebagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang pendidikan, program ini berfokus untuk mewujudkan ‘Sekolah Aman Berlalu Lintas’.

“Program ini adalah sebuah kepedulian kami akan tingginya tingkat kecelakaan di jalan akibat kelalaian pengendara, Astra Motor Jateng ingin mengajarkan kesadaran aman berkendara sejak dini hingga usia sekolah menengah sebelum mereka siap bekerja,” kata Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto.

Program Astra Motor Edu Youth Academy, lanjut dia, fokusnya pada pendidikan keselamatan bagi anak SMK terutama di SMK binaan. Awalnya program tersebut muncul karena tidak hanya pendidikan hard skill yang dibutuhkan anak SMK namun juga soft skill. “Jadi tidak hanya keterampilan merawat dan teknologi motor yang diajarkan, namun juga keterampilan dan pengetahuan mengendarai motor secara aman di jalan,” jelasnya.

Salah satu SMK Binaan Astra Motor Jateng, SMKN 1 Bulakamba Brebes telah menjalankan program itu sejak 2016. Di SMK ini, murid-murid diajarkan untuk menaati peraturan lalu-lintas sejak awal mereka masuk ke sekolah sampai mereka pulang ke rumah masing-masing. “Sebelum masuk sekolah, para siswa diwajibkan mematikan kendaraan bermotor mereka sebelum diparkir di tempat parkir yang sudah dipersiapkan,” paparnya.

Selain itu, di SMKN 1 Bulakamba dapat ditemukan jalur hijau yang dikhusukan untuk pejalan kaki, lorong #Cari_Aman yang dilengkapi dengan poster-poster keselamatan, lapangan sekolah yang dilengkapi dengan layout tempat pelatihan SIM C, sistem parkir sekolah first in-first out, esktrakulikuler safety riding, media dan rambu keselamatan jalan yang lengkap di seluruh lingkungan sekolah, dan Komunitas Keselamatan Sekolah (KKS) yang bertugas untuk mengajarkan kiat-kiat aman berkendara ke seluruh siswa terutama murid baru. 

(sm/den/ida/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia