Kamis, 21 Jun 2018
radarsemarang
icon featured
Ekonomi

Tingkatkan Literasi Pasar Modal

Selasa, 06 Mar 2018 12:16 | editor : Ida Nor Layla

OJK terus melakukan sosialisasi dan edukasi guna meningkatkan literasi masyarakat.

LAYANAN TERPADU : OJK terus melakukan sosialisasi dan edukasi guna meningkatkan literasi masyarakat. (DOKUMEN JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Literasi masyarakat akan pasar modal dinilai masih sangat minim dibanding dengan literasi akan industri keuangan lainnya. Sosialisasi dan edukasi terus dilakukan guna meningkatkan literasi masyarakat.

Direktur Pengaturan Pasar Modal, Luthfy Zain Fuady mengatakan, secara nasional literasi pasar modal baru mencapai 4,4 persen. Dari 4,4 persen tersebut, baru 1,14 persen saja yang sudah menggunakan pasar modal sebagai sarana berinvestasi

“Hal ini bisa dilihat dari SID yang ada di KSEI, untuk domestik belum mencapai 1 juta. Beda dengan perbankan yang justru terbalik. Yaitu penggunaan oleh masyarakat lebih tinggi daripada literasi,” ujarnya dalam Edukasi Pasar Modal Terpadu, baru-baru ini

Oleh karena itu, pihaknya bersama sejumlah instansi terkait gencar melakukan sosialisasi dan edukasi. Khususnya pada siswa SMA serta Perguruan Tinggi. Anak-anak muda ini diharapkan dapat menyebarkan informasi serta berinvestasi di pasar modal.

“Mahasiswa ini menjadi agent of change. Mereka bisa menularkan informasi ke keluarga, tetangga maupun orang-orang sekitar. Selain itu, mereka juga sudah dekat dengan lingkungan kerja dan segera berpenghasilan. Sehingga sudah bisa mulai merancang untuk berinvestasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain gencar menyosialisasikan pasar modal ke masyarakat, pihaknya juga tak lupa mengedukasi dan memperbarui informasi seputar pasar modal pada internal OJK. Sehingga bisa lebih diandalkan oleh masyarakat dalam mendapatkan informasi. “Teman-teman di daerah juga perlu memahami produk pasar modal, karena menjadi tumpuan pertanyaan oleh masyarakat,” ujarnya.

(sm/dna/ida/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia