Kamis, 21 Jun 2018
radarsemarang
icon featured
Ekonomi

Tingkatkan Kreativitas Pengusaha Muda

Kamis, 08 Mar 2018 19:31 | editor : M Rizal Kurniawan

MENGINSPIRASI: Poppy savitri dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Be Kraf) saat memberikan paparan kepada peserta.

MENGINSPIRASI: Poppy savitri dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Be Kraf) saat memberikan paparan kepada peserta. (Dhinar sas/jawa pos radar semarang)

RADARSEMARANG.ID - Kreatifitas mahasiswa dan pemuda harus terus ditingkatkan seiring dengan kemajuan teknologi. Pasalnya, jika tidak mengakomodasi kemajuan zaman, maka kegiatan ekonomi akan tergilas oleh persaingan global saat ini.

Hal itu menjadi salah satu harapan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Be Kraf) dengan menggelar Be Kraf Young Technology Entrepreneurs (BYTE) di Salatiga, Kamis (8/3). Kegiatan ini diselenggarakan untuk mendidik para pemuda di Jawa Tengah menjadi para pelaku ekonomi kreatif, khususnya dari kalangan mahasiswa menjadi pengusaha handal.

“Tujuan lain adalah untuk mengembangkan serta meningkatkan daya saing usaha para peserta dan mahasiswa agar bisa menembus pasar nasional maupun internasional di era digital ini,” terang Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Be Kraf Poppy Savitri saat ditemui Wartawan sesaat sebelum acara pembukaan.

Poppy mengatakan, dewasa ini banyak mahasiswa yang menjadi pelaku ekonomi kreatif baik yang usahanya dikerjakan secara konvensional maupun menggunakan teknologi. Namun sebagian para pelaku ekonomi kreatif tersebut kesulitan mengembangkan usahanya karena keterbasan pengalaman kerja maupun faktor lainnya.

“Nah, mereka akan kita bantu untuk mengembangkan usahanya. Kami siap memberikan pendampingan dan pelatihan guna meningkatkan daya saing sehingga usahanya bisa menembus pasar Nasional maupun Internasional,” terang Poppy.

Disinggung mengenai target kegiatan tersebut, Poppy menjelaskan, pada 2018 ini setidaknya bisa mengembangkan usaha sebanyak 11.200 pelaku ekonomi kreatif dari kalangan mahasiswa. Sedangkan tahun depan, pihaknya memiliki target untuk bisa memajukan usaha 36.000 pelaku ekonomi kreatif muda. “Maka dari itu, kegiatan ini juga akan kami laksanakan di beberapa daerah lain seperti Lampung dan Bali,” jelasnya.

Ditempat yang sama, founder Aksi Nusantara Firstman R Marpaung menyatakan, pihaknya siap membantu para pelaku ekonomi kreatif muda untuk mengembangkan usaha melalui internet dan teknologi.

(sm/sas/zal/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia