Senin, 25 Jun 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Semarang

TNI-Polri Pastikan Netralitas Anggota

Selasa, 03 Apr 2018 15:01 | editor : Baskoro Septiadi

SOSIALISASI PILKADA: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memberikan arahan kepada 2.500 anggota TNI dan Polri se-Jateng-DIJ di Gedung Cendekia, Akpol Semarang, Senin (2/4/2018) kemarin.

SOSIALISASI PILKADA: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memberikan arahan kepada 2.500 anggota TNI dan Polri se-Jateng-DIJ di Gedung Cendekia, Akpol Semarang, Senin (2/4/2018) kemarin. (POLDA JATENG FOR JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID - Pastikan netralitas dan satu komando dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memberikan arahan kepada 2.500 anggota TNI dan Polri se-Jateng-DIJ. Pengarahan tersebut digelar di Gedung Cendekia, Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Senin (2/4/2018) kemarin.

"Harus ada satu kata, satu komando dari atas, yaitu dari TNI dan Polri sampai satuan paling bawah yang tersebar di seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Semua harus memiliki pola pikir dan pola tindakan yang sama dalam rangka menyukseskan Pilkada," kata Panglima TNI, Hadi Tjahjanto.

Pentingnya satu komando, katanya, untuk terus menjaga sinergitas, soliditas antara TNI dan Polri. Sesuai MoU, TNI akan mendukung langkah-langkah Polri dalam rangka pengamanan pesta demokrasi 2018-2019. Maka anggota harus menjaga sinergitas dan soliditas antara TNI-Polri, sehingga memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat maupun pelaku usaha selama Pilkada. "Komitmen TNI-Polri adalah netralitas dalam pelaksanaan pesta demokrasi, sehingga berjalan aman dan damai," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menegaskan kunci stabilitas keamanan politik di Indonesia adalah soliditas TNI-Polri dan dukungan masyarakat. Berdasarkan prinsip tersebut, Panglima TNI dan Kapolri sepakat mensosialisasikan netralitas sampai ke bawah.

"Pekan lalu kami ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, lalu bersama-sama ke Papua. Dari Jawa Tengah akan dilanjutkan ke daerah-daerah lain, melakukan sosialisasi soliditas dan netralitas TNI-Polri. Karena itu, pelaku usaha tidak perlu khawatir. Silakan berusaha dan dijamin tidak akan terganggu," jelasnya.

(sm/mha/bas/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia