Jumat, 25 May 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Kedu

Tersedia 3.776 Lowongan

Rabu, 09 May 2018 20:58 | editor : M Rizal Kurniawan

JOB FAIR : Para pencari kerja memanfaatkan Job Fair untuk mencari pekerjaan yang diminati, di Gedung Tri Bhati, Selasa (8/5).

JOB FAIR : Para pencari kerja memanfaatkan Job Fair untuk mencari pekerjaan yang diminati, di Gedung Tri Bhati, Selasa (8/5). (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.ID - Sekitar 3.776 lowongan pekerjaan dari 147 jenis jabatan diperebutkan para pencari kerja yang menyambangi acara Job Fair Kota Magelang di Gedung Tri Bhakti, Selasa (8/5). Bursa kerja ini ditargetkan bisa dikunjungi sekitar 4.000 pencari kerja.

 “Tahun ini, job fair diikuti 42 perusahaan lokal dan nasional dan didominasi oleh perusahan-perusahan di sekitar Jawa Tengah,” kata Kasi Informasi Pasar Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Magelang, Kusni Bintari.

Ia mengungkap, tenaga kerja yang dicari mulai dari lulusan Sekolah Dasar (SD) untuk posisi kernet maupun sopir pada bidang usaha jasa pengiriman dan pengangkutan barang, hingga lulusan dokter spesialis untuk mengisi jabatan di sebuah rumah sakit. “Bahkan, beberapa perusahaan tidak mencantumkan kriteria usia pencari kerja, namun lebih menekankan pada pengalaman kerja. Sehingga, job fair ini juga sangat terbuka bagi yang usianya di atas 30 tahun, karena ada kebutuhan untuk branch manager,” imbuhnya.

Bursa kerja tahun ini, diklaim lebih memudahkan pencari kerja melamar pekerjaan yang diinginkan. Tersedia 10 laptop yang bisa dimanfaatkan untuk melamar pekerjaan secara online. Bahkan aplikasi itu bisa diaktifkan melalui telepon pintar berbasis android.

 Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Magelang Larsita menjelaskan, berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional bulan Agustus 2017, jumlah angkatan kerja di Kota Magelang 62.775 orang didominasi lulusan SLTA sejumlah 26.968. Jumlah penganggur pada 2017 tercatat 4.193 orang didominasi penganggur yang sedang mencari pekerjaan mencapai 3.716 orang, sedangkan mereka yang sedang mempersiapkan usaha tercatat 477 orang.

(sm/put/zal/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia