Sabtu, 26 May 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Semarang

Lembaga Dakwah Islam Indonesia Dorong Anggota Tampil di Kancah Politik

Selasa, 15 May 2018 15:54 | editor : Baskoro Septiadi

KUATKAN VISI MISI : Ketua DPW LDII Jawa Tengah, Prof Singgih Tri Sulistiyono saat menyampaikan materi diklat kepemimpinan penguurus organisasi LDII Kota Semarang di hotel Ibis, Sabtu (12/5/2018) lalu.

KUATKAN VISI MISI : Ketua DPW LDII Jawa Tengah, Prof Singgih Tri Sulistiyono saat menyampaikan materi diklat kepemimpinan penguurus organisasi LDII Kota Semarang di hotel Ibis, Sabtu (12/5/2018) lalu. (NUR WAHIDI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID - Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jateng mendorong anggotanya untuk menjadi wakil rakyat. Sehingga dapat mengoptimalkan kontribusi dalam penyusunan peraturan atau perundang-undangan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam ataupun Pancasila.

Ketua DPW LDII Jawa Tengah, Prof Singgih Tri Sulistiyono menjelaskan, sampai saat ini minat anggota untuk ikut berkompetisi di pesta demokrasi pemilihan calon legislatif masih rendah.  Padahal dengan menjadi anggota legislatif dan bergabung di salah satu partai bisa ikut menyuarakan visi misi LDII di dalam memutuskan kebijakan pemerintahan.

“Untuk itu kami mendorong warga LDII yang memiliki kapabilitas dan sumber daya mencukupi supaya maju di pemilihan legislatif dengan misi memberikan kontribusi atau menyuarakan pemikiran LDII," terangnya disela diklat kepemimpinan penguurus organisasi LDII Kota Semarang di hotel Ibis, Sabtu (12/5/2018).

Menurutnya, sekarang ini bangsa Indonesia sedang mengalami krisis kepemimpinan yang berkarakter kuat. Kondisi tersebut disebabkan karena kebanyakan pemimpin sekarang hanya memikirkan pertanggung jawaban kepada rakyat.  

"Mereka (pemimpin) tidak bertanggung jawab secara Ilahiah. Padahal pemimpin itu tidak sebatas kepada rakyat tetapi juga kepada Allah. Dalam Islam figur pemimpin seperti sifat Nabi Muhammad SAW yang dikenal memegang teguh toleransi dan membela umat kecil serta dapat dipercaya," imbuhnya.

Terkait dengan pilihan di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah, LDII tidak memihak kepada salah satu pasangan calon. Pilihan diserahkan kepada masing-masing anggota.

Pakar Politik Undip, Teguh Yuwono, yang turut hadir dalam acara tersebut  mengatakan, ormas memiliki peran untuk mendukung kekuatan kebangsaan, tentunya dapat menghasilkan pemimpin serta menciptakan calon legislatif. Sehingga bisa menyuarakan visi misi organisasi di dalam mengambil kebijakan pemerintahan.

“Acara yang diadakan oleh LDII ini patut menjadi percontohan organisasi masyarakat yang lain. Pasalnya banyak dijumpai ormas yang hanya sibuk mencari proyek atau melakukan konsolidasi di masyarakat untuk mendapat keuntungan dalam jangka pendek,” katanya.

(sm/hid/bas/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia