Sabtu, 26 May 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Semarang

Ziarah Wali Doakan Ibu Pertiwi

Selasa, 15 May 2018 16:19 | editor : Baskoro Septiadi

FOTO BERSAMA: Jamaah Ngaji Ngopi Hepi melakukan tour ziarah wali se-Kabupaten Kendal mendoakan negeri ini.

FOTO BERSAMA: Jamaah Ngaji Ngopi Hepi melakukan tour ziarah wali se-Kabupaten Kendal mendoakan negeri ini. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID - Jelang bulan suci Ramadan, sejumlah ormas dan klub motor di Kendal melakukan touring ziarah makam wali se-Kendal. Acara dikemas dalam Ngaji Ngopi Hepi bertajuk Menjemput Berkah Ramadan itu juga dilakukan doa bersama untuk negeri yang sedang dilanda teror bom.

Berbagai klub motor yang ikut dalam kegiatan tersebut diantaranya klub Vespa, RX King, Skuter, trail dan sebagainya. Selain itu juga diikuti ormas seperti Pemuda Pancasila, KNPI, Linduaji, Gibas dan sebagainya. Lebih kurang 150 orang terlibat dalam acara tersebut. 

Acara dimulai dengan ziarah ke makam Sunan Abinawa, di Desa Pekuncen, Kecamatan Pegandon. kemudian berlanjut ke Makam Wali Joko dan Wali Gembyang di Kendal. Puncaknya adalah di Bukit Jabal Makbaroh Komplek makam Auliya. Yakni menziarahi makam Sunan Katong, Wali Musyafa, KH Asyari, KH Abu Khoir dan sejumlah makam lainnya. 

Dalam kegiatan ziarah tersebut, para jamaah NNH ini berharap bisa melaksanakan puasa dengan ikhlas selama sebulan penuh.“Acara ini untuk memberikan pendidikan bahwa anak-anak geng motor atau klub-klub motor ini tidak negatif yang sering tawuran  dan sebagainya. Tapi mereka punya kegiatan positif yakni mengaji dan ziarah ke makam wali,” ujar  Ketua NNH, Basyarohman. 

Pengasuh Ponpes Manbaul Hikmah itu mengatakan tujuan kegiatan tour ziarah wali adalah untuk memantapkan iman dan takwa selama Ramadan. “Ini juga dalam rangka dakwah. Dimana Nabi mengajatkan, barang siapa yang bergembira ria menyambut datangnya Ramadan maka haram jasadnya masuk neraka,” tandasnya. 

Selain itu, juga berdoa untuk keselamatan serta persatuan dan kesatuan bangsa. “Beberapa pekan ini negeri ini digemparkan dengan berita-berita teroris. Maka dengan kegiatan ini kami berdoa agar persatuan dan kesatuan bangsa ini dijaga Allah. Serta dijauhkan dari segala bentuk terorisme dari negeri ini,” tandasnya.

Ketua II Pemuda Pancasila Kendal, Bambang Suprayogi mengatakan sangat mendukung kegiatan in. Sebab kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menjauhkan para pemuda generasi penerus bangsa agar tidak terpengaruh aliran terorisme.  “Mereka bisa mengingat kembali kemerdekaan bangsa. Bahwa bangsa ini dibangun diatas keragaman. Jadi jangan ada perpecahan karena beda pendapat atau beda agama,” tandasnya.

Acara dihadiri Kapolsek Kaliwungu, Kapolsek Kaliwungu Selatan, Danramil Kaliwungu, dan Camat Kaliwungu. Mereka menegaskan agar Jangan takut melawan segala bentuk terorisme.

(sm/bud/bas/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia