Minggu, 27 May 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Semarang

Bentuk Posyandu Lansia di Desa Mundingan

Rabu, 16 May 2018 14:11 | editor : Pratono

BENTUK POSYANDU LANSIA : Mahasiswa Stikes Karya Husada Semarang profesi Ners angkatan 15 membentuk Posyandu Lansia Wijaya Kusuma RW II Desa Mundingan Kelurahan Cepoko.

BENTUK POSYANDU LANSIA : Mahasiswa Stikes Karya Husada Semarang profesi Ners angkatan 15 membentuk Posyandu Lansia Wijaya Kusuma RW II Desa Mundingan Kelurahan Cepoko. (Istimewa)

RADARSEMARANG.ID – Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatam (Stikes) Karya Husada Semarang, mengadakan kegiatan sosial di RW II Desa Mundingan, Kelurahan Cepoko, Kecamatan Gunungpati dengan membentuk Posyandu Lansia Wijaya Kusuma. Selain itu mahasiswa profesi Ners angkatan 15 ini juga mengajak warga menajadi kader-kader kesehatan di lingkungan sekitar.

Koordinator Posyandu Lansia Wijaya Kusuma RW II Desa Mundingan Kelurahan Cepoko, Mega Kusuma Puteri mengatakan, pembentukan posyandu tersebut diprakarsai karena banyaknya lansia di daerah tersebut. Pihaknya menggandeng pihak kelurahan dan puskesmas Gunung Pati untuk melatih warga sekitar menjadi kader kesehatan.

“Jumlahnya ada 15 kader, mereka juga telah diberikan pelatihan dari puskesmas untuk melakukan pemeriksaan ringan, misalnya tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolestrol,” katanya.

Wilayah RW II Desa Mundingan Kelurahan Cepoko, lanjut Mega, sedikitnya dihuni oleh 50 lansia. Adanya Posyandu Lansia tersebut diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup para lansia yang rentan terserang penyakit. Para kader yang diberikan pelatihan, diharapkan bisa menjadi fasilitator ketika ada lansia yang sakit dan langsung melakukan rujukan ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Sampai saat ini pihak Puskesmas terus melakukan pendampingan kepada para kader di akhir pekan, sehingga mereka bisa jadi ujung tombak jika terjadi masalah kesehatan di sekitar mereka jika para lansia jatuh sakit,” ucapnya.

Selain memberikan pelatihan, para mahasiswa juga mengajak para lansia untuk berolahraga. Salah satunya dengan senam lansia ataupun olahraga ringan.

(sm/den/ton/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia