Minggu, 27 May 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Semarang

Delapan Unit Apache Diserahkan ke TNI

Kamis, 17 May 2018 11:26 | editor : M Rizal Kurniawan

Serah terima dilaksanakan di Pangkalan Udara TNI Angkatan Darat (Lanumad) Ahmad Yani Semarang, Rabu (16/5). Dipimpin langsung Menteri Pertahana  Ryamizard Ryacudu

Serah terima dilaksanakan di Pangkalan Udara TNI Angkatan Darat (Lanumad) Ahmad Yani Semarang, Rabu (16/5). Dipimpin langsung Menteri Pertahana Ryamizard Ryacudu (Adityo Dwi / Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID - Kementrian Pertahanan resmi menyerahkan delapan unit Helikopter Apache AH 64E kepada TNI. Heli tersebut nantinya memperkuaf Skadron 11 Serbu, Pangkalan Udara TNI Angkatan Darat (Lanumad) Ahmad Yani Semarang. Penyerahan dilakukan langsung oleh Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu

"Delapan unit heli Apache ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperkuat alat utama sistem pertahanan (alutsista). Apache AH 64E ini merupakan heli berteknologi paling canggih saat ini," ungkap Ryamizard, Rabu (16/5) usai penyerahan yang juga dihadiri KSAD Jenderal Mulyono, Wakil Duta Besar AS, Erin Mckee, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto, serta Wakapolda Jawa Tengah, Brigjen Pol Ahmad Lutfi

Ryamizard menambahkan, Keberadaan helikopter teraebut diharapkan bisa memperkuat kedaulatan NKRI khususnya di wilayah darat. Oleh karenanya, pihaknya meminta agar heli tersebut dipelihara dengan baik agar masa pakainya optimal.

DEMO UDARA : Dua heli Apache saat melakukan demonstrasi udara dihadapan tamu undangan.

DEMO UDARA : Dua heli Apache saat melakukan demonstrasi udara dihadapan tamu undangan. (Adityo Dwi / Jawa Pos Radar Semarang)

"Kepada prajurit jajaran Skadron 11 Serbu TNI AD, Menhan pun meminta agar mempelajari penggunaan heli Apache dengan baik. "Hal ini untuk menghindari terjadinya kekeliruan yang tidak perlu," imbuhnya. 

Dalam serah terima itu hadir juga Wakil Dubes AS untuk Indonesia Erin Elizabeth McKee. Menurut Erin, pembelian heli Apache tersebut merupakan bentuk kemitraan strategis Amerika Serikat dan Indonesia di bidang pertahanan.

"Delapan helikopter Apache dari Amerika Serikat ini adalah bukti lain dari kemitraan strategis kami yang kuat dan terus berkembang," kata Erin.

Menurutnya, heli Apache tersebut juga untuk meningkatkan dan memodernisasi kekuatan militer negara Indonesia, serta meningkatkan kemampuan militer Indonesia dengan menyediakan teknologi pertahanan kelas dunia untuk melakukan operasi.

 "Baik operasi maritim maupun pengawasan, guna melindungi wilayah perbatasan terluar serta wilayah perairan Indonesia yang cukup luas," tandasnya. 

Prosesi serah terima juga dilakukan peninjauan terhadap delapan heli Apache dan juga dilakukan demo udara yang dilakukan oleh para pilot Skadron 11 Serbu TNI AD. 

(sm/dit/zal/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia