Selasa, 19 Jun 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Kedu

DPRD Dorong Percepatan Pembangunan RSUD Tipe B

Selasa, 29 May 2018 15:29 | editor : Pratono

JANGAN MOLOR LAGI : Pembangunan RSUD Tipe B Kabupaten Magelang yang sudah berjalan sekitar 40 persen.

JANGAN MOLOR LAGI : Pembangunan RSUD Tipe B Kabupaten Magelang yang sudah berjalan sekitar 40 persen. (Istimewa)

RADARSEMARANG.ID--Proyek Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe B Kabupaten Magelang tahap perdana masih berjalan sekitar 40 persen. Progress pembangunan diharapkan dipercepat sehingga bisa selesai pada 2019 mendatang.

“Jangan sampai melebihi masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Magelang yang bakal habis pada tahun 2019,” kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Magelang, M Yusuf Sakir.

Menurutnya, pembangunan RSUD Tipe B ini sudah mudur dari jadwal. Semula direncanakan tahun 2017, mundur ke tahun 2018. “Kami berharap, mundurnya jadwal pembangunan, tidak berpengaruh pada penyelesaian pembangunan,” ujat Syakir.

Jika pembangunan RSUD Tipe B molor dari jadwal, dan saat masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati habis tahun 2019, maka akan berdampak kurang baik dalam perencanaan pembangunan. Supaya pembangunan tidak terhambat, maka proses lelang tahap kedua segera dilakukan, agar tidak berimbas pada penyelesaian pembangunan.

Harapan Sakir, tahun 2019, RSUD Tipe B sudah harus dioperasionalkan. Artinya, rumah sakit baru yang berada di Jalann Raya Magelang – Yogyakarta itu, sudah bisa menerima dan melayani masyarakat di bidang kesehatan. Selama ini, RSUD di Muntilan dinilai kurang optimal dalam pelayanan kesehatan.

Untuk diketahui, dana pembangunan RSUD Tipe B dicadangkan sejak APBD 2013 hingga 2016 sebanyak Rp 150 miliar. Selebihnya dimintakan bantuan pemerintah pusat. Untuk pembebasan lahan dianggarkan Rp 15,6 miliar. Sedangkan biaya pembangunan basement sampai lantai tiga, dialokasikan lebih dari Rp 60 miliar.

Pada desain RSUD Tipe B, akan dibangun 26 poliklinik untuk melayani pemeriksaan pasien yang menghidap beragam penyakit, maka keberadaan RSUD Tipe B dijadwalkan bisa beroperasi mulai tahun 2019 mendatang.

Menurut Sakir, meski pembangunan fisik tahap I baru separo jalan, hendaknya proses lelang tahap ke II segera dilakukan. Supaya pelaksanaan pembangunan tidak mengalami hambatan waktu, mengingat awal pembangunan sudah mundur.

Perhatian terhadap pembangunan RSUD Tipe B juga dilakukan Pjs Bupati Magelang Drs Tavip Suprianto. Ia meminta agar semua pihak yang telah mendukung pembangunan RSUD sudah berjalan. Seluruh kegiatan melibatkan Pemda dan proses pengadaan lelang harus sesuai dengan ketentuan.

(sm/vie/ton/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia