Selasa, 19 Jun 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Semarang
Bandara New Ahmad Yani Semarang

5 Juni, Boyongan ke Terminal Baru

Jumat, 01 Jun 2018 21:03 | editor : M Rizal Kurniawan

TINJAU TERMINAL BARU: Plt Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko ketika melihat progres kesiapan pembukaan terminal baru New Ahmad Yani Semarang.

TINJAU TERMINAL BARU: Plt Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko ketika melihat progres kesiapan pembukaan terminal baru New Ahmad Yani Semarang. (AJIE MH/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID - Terminal baru Bandara New Ahmad Yani Semarang diprediksi bisa dioperasionalkan mulai 6 Juni mendatang. Pengoperasian tersebut lebih cepat 30 persen dari jadwal yang ditentukan pada November 2018 mendatang. Rencananya, 5 Juni besok, PT Angkasa Pura I akan boyongan memindah terminal lama ke terminal baru.

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi menjelaskan, setelah dioperasikan seluruh penerbangan akan menggunakan terminal yang baru. Sementara terminal lama tidak akan dipakai kembali. 

"Jadi 5 Juni kami boyongan dan 6 Juni seluruh penerbangan dari Bandara Ahmad Yani sudah ada di terminal baru," kata saat menyambut kunjungan Plt Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko di terminal baru, Kamis (31/5).

Terminal baru bandara ini akan mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik Lebaran 2018 karena memiliki kapasitas 20.000 orang per hari. Faik mengatakan pada mudik tahun ini pertumbuhan penumpang diprediksi mencapai delapan persen atau sekitar 18.000 orang per hari pada saat puncak arus mudik.

"Tahun ini diperkirakan pertumbuhan penumpangnya meningkat sekitar delapan persen atau sekitar 18 ribu per hari. Kalau tetap di bandara lama dengan kapasitas 2.200 orang per hari tentu akan membuat sangat tidak nyaman," ujarnya.

Sementara itu, Heru mengacungkan jempol karena rencana operaisonal terminal baru untuk musik Lebaran bisa direalisasikan. Menurutnya, meski dilakukan percepatan, namun pihak pengembang dan AP I tetap menjaga kualitas bangunan. 

"Tidak hanya kecepatan, saya melihat pengerjaannya juga bagus dan rapi. Jadi saya sampaikan selamat untuk Pak Dirut dan seluruh jajarannya. Mudah-mudahan seterusnya lancar dan sukses," jelasnya. 

(sm/amh/zal/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia