Rabu, 20 Jun 2018
radarsemarang
icon featured
Berita Daerah

Siapkan Rest Area di Tol Batang-Semarang

Jumat, 01 Jun 2018 22:08 | editor : M Rizal Kurniawan

POSKO MUDIK: Pos Komondo arus mudik di Alun-alun Kendal mulai dibangun untuk kesiapan arus mudik 2018. 

POSKO MUDIK: Pos Komondo arus mudik di Alun-alun Kendal mulai dibangun untuk kesiapan arus mudik 2018.  (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID - Polres Kendal mematangkan persiapan untuk pengamanan arus mudik 2018. Seperti mulai membangun pos komando (Posko) atau penjagaan di sepanjang wilayah Pantura dari ujung timur hingga barat. Setidaknya ada delapan posko besar untuk mengamankan arus mudik.

Delapan titik itu disiapkan di pintu masuk tol darurat di Desa Sambongsari, Weleri yang berada di perbatasan Kendal-Batang. Kemudian di depan Terminal Bahurekso, Pasar Cepiring, Pos Kota Kendal,  dan Alun-alun Kendal. Selain itu di Pos Pantes dan Pos Sumberejo di Kecamatan Kaliwungu yang berbatasan langsung antara Kendal-Kota Semarang.

Lokasi lain di depan Kawasan Industri Kendal (KIK) di Jalan arteri Lingkar Kaliwungu. Posko pembantu lain di Wilayah Boja yang menjadi jalur alternatif Kendal-Semarang. Selain itu posko Sukorejo yang menjadi alternatif Kendal-Temanggung. 

Kasat Lantas Polres Kendal, AKP Edi Sutrisno, mengatakan, posko tersebut merupakan bantuan dari berbagai pihak. Pos akan dijaga petugas gabungan terdiri atas TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Perhubungan, PMI, Ormas dan lain sebagainya.

“Posko di depan Alun-alun Kendal merupakan pos pelayanan. Sisanya merupakan pos pengamanan arus mudik dan arus balik. Petugas akan membantu mengurai arus lalu lintas jika terjadi kemacetan,” jelasnya.

Posko menurutnya juga bisa dimanfaatkan sebagai rest area bagi pemudik yang ingin melepas lelah selama perjalanan. “Kami sarankan agar pemudik beristirahat jika memang merasa lelah, letih dan mengantuk. Jangan memaksakan diri, karena akan membahayakan diri, keluarga dan pengguna jalan lainnya,” tandasnya. 

Bagian Umum PT Jasa Marga Semarang Batang, Andi Susilo mengatakan, tol Batang-Semarang telah disiapkan sebagai jalur fungsional.  Pada jalur tersebut telah disiapkan empat titik tempat parkir dan empat rest area. 

“Tempat parkir dilengkapi musala dan toilet portable. Sedangkan rest area dilengkapi musala, toilet portable, tenda istirahat, SPBU portable, dan tenda P3K.  Di sana juga ditempatkan petugas untuk membantu pemudik,” jelasnya. 

(sm/bud/zal/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia