Kamis, 21 Jun 2018
radarsemarang
icon featured
Radar Kedu

Aktivitas Pasar Rejowinangun Naik Signifikan

Sabtu, 02 Jun 2018 20:42 | editor : M Rizal Kurniawan

RAMAI : Pasar Rejowinangun mulai ramai menjelang Lebaran, salah satunya di los daging sapi dan kambing.

RAMAI : Pasar Rejowinangun mulai ramai menjelang Lebaran, salah satunya di los daging sapi dan kambing. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.ID - MAGELANG – Pemkot Magelang memprediksi situasi pasar tradisional Rejowinangun mulai ramai menjelang Lebaran. Seiring keinginan masyarakat berbelanja untuk mempersiapakan kebutuhan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah mendatang.

Asisten II Setda Kota Magelang, Joko Budiyono mengungkap, kemungkinan terjadi kenaikan jumlah pedagang sekitar 20-25 persen dari hari biasanya. Fenomena itu juga diikuti dengan meningkatnya jumlah pengunjung yang mencapai 30-40 persen.

“Sementara kenaikan jumlah parkir kami prediksi mencapai 30-50 persen,” kata Joko.

Dia mengaku, adanya peningkatan aktivitas di pasar tradisional, beberapa permasalan akan dihadapi. Mulai dari lalu lintas pasar yang kurang lancar, kurangnya lahan parkir, hingga meningkatnya volume sampah. Antisipasi pun disiapkan untuk mengurai persoalan tersebut.

“Antisipasinya, pembagian tugas dari UPTD pasar, kemudian ada pengaturan lalu lintas pengunjung, dan memanfaatkan sarana parkir secara maksimal,” tuturnya.

Selain transaksi jual beli aneka kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas), kue Lebaran hingga urusan sandang, Joko juga meyakini akan ada kenaikan jumlah pedagang bunga. Untuk menghindari pedagang bunga yang menyumbat arus lalu lintas pasar, mereka ditempatkan di Jalan Singosari.

“Karena kami prediksi kenaikan jumlah pedagang bunga, pengunjung hingga jumlah parkirnya mencapai 50 persen.” 

(sm/put/zal/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia