Selasa, 19 Jun 2018
radarsemarang
icon featured
Berita Daerah

Beri Pelayanan Khusus untuk Pemudik

Selasa, 05 Jun 2018 21:53 | editor : M Rizal Kurniawan

PELAYANAN: Kepala Kantor Cabang Ungaran BPJS Kesehatan, Titus Sri Hardiyanto saat diskusi bertajuk mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan di Ungaran, kemarin.

PELAYANAN: Kepala Kantor Cabang Ungaran BPJS Kesehatan, Titus Sri Hardiyanto saat diskusi bertajuk mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan di Ungaran, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID - UNGARAN – Pengguna JKN-KIS yang melakukan mudik lebaran 2018 akan difasilitasi dengan pelayanan kesehatan yang tidak sama dengan hari biasanya. Kepala Kantor Cabang Ungaran BPJS Kesehatan, Titus Sri Hardiyanto mengungkapkan perbedaan dengan hari biasa yaitu, peserta JKN-KIS apabila ada gangguan kesehatan dapat memanfaatkan layanan kesehatan dimanapun.

“Tidak terkeculi yang melintas di wilayah Kabupaten Semarang, pemudik dari luar Kabupaten Semarang bisa menggunakan pelayanan kesehatan di seluruh puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Semarang,” kata Titus saat ditemui usai diskusi bertajuk mudik nyaman bersama BPJS Kesehatan di Ungaran, Senin (4/6) petang.

Dijelaskan Titus, pelayanan terhadap peserta yang mudik dan mengalami gangguan kesehatan akan dilakukan sesuai dengan kelasnya. Pemberlakuan kebijakan tersebut akan dilaksanakan pada H-8 hingga H+8 lebaran.“Dimulai sejak 7 hingga 23 Juni 2018,” ujarnya.

Dalam hal ini, peserta JKN-KIS akan tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur lebaran. “Dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” katanya.

Dijelaskannya, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran itu juga berlaku bagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Non Puskesmas yang membuka praktik pelayanan kesehatan.

“Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan medis besar,” ujarnya.

Dikatakan Titus, menghadapi mudik lebaran kali ini pihaknya juga beberapa posko kesehatan. “Kita letakkan di jalur-jalur strategis seperti di rest area tol,” katanya. 

(sm/ewb/zal/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia