Minggu, 24 Jun 2018
radarsolo
icon featured
Solo

Bruk! Pohon Tua Tumbang di Jalan Slamet Riyadi

Sabtu, 14 Oct 2017 13:12 | editor : Bayu Wicaksono

pohon tumbang, jalan slamet riyadi solo

Separo badan Jalan Slamet Riyadi tertutup pohon asem berdiameter sekitar 50 sentimeter yang tumbang, Sabtu (14/10). (TRI WAHYU CAHYONO/RADAR SOLO)

SOLO – Pohon-pohon besar di Jalan Slamet Riyadi, tepatnya di sekitar lokasi penggalian proyek drainase rawan tumbang. Seperti yang terjadi Sabtu (14/10) siang. Pohon asam berdiameter sekitar 50 sentimeter roboh di depan Bank Bukopin Syariah, Solo ambruk.


    Salah seorang saksi mata Pendi (51), menuturkan, saat kejadian, dirinya sedang beristirahat. “Tadi sekitar pukul 11.30, saya sedang duduk-duduk sekitar lima meter dari lokasi, tiba-tiba pohonnya ambruk. Tidak ada angin kencang. Untung tidak ada pengendara yang melintas,” jelas warga Kediri, Jawa Timur tersebut.


    Dia menduga, pohon tumbang disebabkan lahan di sekitarnya dikeruk untuk proyek revitalisasi drainase. Sehingga agar tidak menancap maksimal ke dalam tanah. Ditambah, batang pohon mulai lapuk.


    Saksi lainnya Suprapto (50), menambahkan, sebelum pohon asam tumbang, dirinya sempat memarkirkan truk nomor polisi AD 1402 MF untuk mengangkut material sisa galian drainase. Belum lama parkir, pohon tumbang.


    “Saya lihat ambruknya. Mau lari menyelamatkan truk sudah nggak sempat. Tertimpa di bagian bak tapi tidak ada yang rusak,” tuturnya.


    Melihat kejadian tersebut, pekerja proyek drainase dan warga sekitar berhamburan. Sebagian dari mereka mengatur arus lalu lintas agar tidak macet parah. Sebab, dahan pohon menutupi lebih dari separo Jalan Slamet Riyadi.


    Alat berat yang awalnya digunakan mengeruk sisa material galian drainase dikerahkan untuk mendorong dahan pohon ke tepi jalan. Sekitar 15 menit kemudian, arus lalu lintas kembali lancar.

(rs/bay/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia