Minggu, 24 Jun 2018
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Gerakan Donasi Kuota XL Sasar 150 Sekolah di Jateng

Selasa, 12 Dec 2017 19:28 | editor : Bayu Wicaksono

Penyerahan Gerakan Donasi Kuota untuk Jateng di Semarang.

Penyerahan Gerakan Donasi Kuota untuk Jateng di Semarang. (XL FOR RASO)

Setelah meluncurkan program Gerakan Donasi Kuota (GDK) di Sabang dan dilanjutkan di berbagai wilayah  di Indonesia, kini PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mendukung digitalisasi dunia pendidikan di Jawa Tengah melalui penyerahan simbolis program itu di Semarang Senin (11/12). Tahap pertama program akan disalurkan ke 150 sekolah di Jateng.

General Manager Finance and Management Service XL Axiata Central Region Taufik Hidayat mengatakan, penyaluran tahap pertama meliputi sekolah-sekolah di Kudus, Solo, Pekalongan, Tegal, dan sekitarnya. ”Kami berharap donasi ini dapat mendukung aktivitas belajar mengajar serta dapat memaksimalkan aplikasi teknologi informasi dalam dunia pendidikan, khususnya di area Jateng,” tutur Taufik.

Sejak diluncurkan pada Agustus 2017, program GDK telah mampu mengumpulkan lebih dari 115 TB oleh lebih 6,4 juta pelanggan XL. Program donasi ini melibatkan partisipasi pelanggan. Yaitu dengan mendonasikan kuota paket data yang tidak terpakai secara langsung atau dengan cara membeli paket XL Xtra Combo. Setiap kali ada pelanggan yang membeli paket XL Xtra Combo, maka XL Axiata akan mengalokasikan sejumlah kuota untuk donasi tersebut.

”Jadi, semakin banyak pelanggan yang membeli paket XL Xtra Combo, maka akan semakin banyak kuota yang bisa didonasikan,” ujar Taufik.

Pada tahap selanjutnya, penyaluran kuota donasi program GDK akan dilakukan di sejumlah daerah hingga akhir tahun. Antara lain di DKI Jakarta, Kalimantan Timur, dan  Sulawesi Utara dengan jumlah sasaran sekitar 500 sekolah. Setelah itu, penyaluran dilanjutkan tahun depan ke daerah-daerah lainnya dengan data sekolah berasal dari dinas pendidikan dan kebudayaan (disdikbud) provinsi setempat.

Diungkapkan Taufik, selama setahun sejak diluncurkan, XL Axiata menargetkan donasi bisa tersalur ke sedikitnya 5.000 sekolah di berbagai daerah. Program yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh tersebut diharapkan mampu memberikan fasilitas bagi sebagian besar sekolah yang berada di area jangkauan layanan data XL, baik 3G maupun 4G LTE.

Mekanisme penyaluran kuota donasi akan dilakukan dengan menyertakan perangkat mobile broadband atau router XL Home, sehingga bisa dibagikan secara simultan ke-32 perangkat smartphone atau laptop yang digunakan para siswa dan pengajar. Mekanisme ini sekaligus untuk memastikan donasi bisa dimanfaatkan secara efektif dan kolektif. Selain juga penerapan sistem pengawasan yang tertuang dalam perjanjian antara XL Axiata dengan setiap sekolah penerima donasi.

”Untuk memastikan program ini tepat sasaran, XL Axiata menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud beserta disdikbud provinsi. Melalui kerjasama tersebut, data sekolah calon penerima donasi disesuaikan dengan roadmap pemerintah dalam penerapan digitalisasi untuk sekolah setingkat SMA/SMK,” pungkas Taufik.

(rs/bay/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia