Sabtu, 23 Jun 2018
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Hebat! Warga Gumpang Sukoharjo Lumpuhkan Pencuri Berpistol 

Sabtu, 10 Feb 2018 18:44 | editor : Bayu Wicaksono

Rumah milik Adhi Dwi Arta yang disatroni pencuri.

Rumah milik Adhi Dwi Arta yang disatroni pencuri. (RYANTONO P.S./RADAR SUKOHARJO)

SUKOHARJO - Aksi heroik dilakukan Adhi Dwi Arta, 33, warga Perumahan Gumpang 2, Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura, Sabtu (10/2) siang. Dia berhasil melumpuhkan pencuri berpistol yang menyatroni rumahnya.

Ditemui di rumahnya, istri korban Nurul Wulan Romadhon, 27, menceritakan saat itu dia dan suaminya pulang dari rumah sakit Panti Waluyo, Solo. Mereka usai memeriksakan kandungan. "Saya hamil tua, tadi pas periksa dokternya sedang ada pekerjaan lain. Karena kami tidak mau menunggu kami putuskan pulang dan kembali lagi nanti sore," papar dia kepada Jawa Pos Radar Sukoharjo, Sabtu (10/2). 

Sesampainya di rumah, korban merasakan ada yang aneh. Ada dua orang mencurigakan keluar dan dalam posisi berboncengan. Melihat hal tersebut, Adhi kemudian memacu mobilnya dan mencegah kaburnya pencuri tersebut. 

Lalu dia memegang pelaku yang membonceng yang diketahui berinisial SBN, warga Semarang dan menariknya hingga jatuh dari motor. Setelah pencuri tersebut jatuh, keduanya sempat baku hantam. Lantaran posisi SBN terdesak, rekannya yang sudah berada di atas motor memerintahkan untuk menembak pelaku. "Bedhil ndase wae," kata Nurul menirukan maling tersebut. 

Melihat hal itu, Adhi kemudian bertindak cepat. Dia mengambil pistol yang dibawa SBN kemudian membuangnya ke sawah. Sampai saat ini pistol itu belum ditemukan. Setelah itu, pelaku bermotor kabur meninggalkan SBN. 

"Maling yang pakai motor kabur, temannya yang berkelahi sama suami saya juga mau kabur. Tapi saya teriak maling akhirnya warga keluar dan akhirnya dimassa," jelasnya. 

Nurul menjelaskan, barang yang diambil dari rumahnya yakni dua unit laptop. Namun, barang tersebut berhasil diamankan oleh suaminya. Diduga pencuri masuk dengan cara merusak gembok.

Kejadian tersebut lalu dilaporkan ke Polsek Kartasura untuk ditindaklanjuti. Pelaku juga dibawa ke rumah sakit lantaran mendapatkan luka yang cukup parah. 

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi membenarkan kejadian tersebut. Dia mengatakan, saat ini tengah didalami oleh pihak kepolisian. Ada dua pelaku, namun satu berhasil kabur. Pelaku yang tertangkap berinisial SBN warga Semarang. "Ini masih dirawat dahulu. Pelaku nanti setelah sembuh akan kita mintai keterangan," paparnya.

(rs/yan/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia