Senin, 25 Jun 2018
radarsolo
icon featured
Solo

Solo Techno Park Bakal Produksi Lampu LED

Minggu, 11 Feb 2018 12:38 | editor : Bayu Wicaksono

Solo Techno Park Bakal Produksi Lampu LED

SOLO - Perusahaan asal Korea Selatan PT SEUM I and C dan perusahaan lokal PT Arta Surya Indotama (ASI) menjalin kerja sama untuk memproduksi lampu Light Emitting Diode (LED) di Kota Bengawan. Pabrik yang bakal dibuka di kompleks Solo Techno Park (STP) ini ditarget beroperasi Mei 2018. 

Pimpinan STP Sumadi mengatakan, kerja sama ini dibangun dengan perusahaan asal Korsel dalam bentuk memproduksi lampu LED. Perusahaan asal Korsel tersebut memberikan dana untuk pembangunan pabrik serta teknologi yang akan digunakan. Sedangkan PT ASI akan memproduksi, dan STP sendiri fokus kepada riset dan pengembangan. Termasuk di dalamnya pembuatan purwarupa lampu yang akan diproduksi. Saat ini, STP sudah memiliki sejumlah purwarupa lampu yang akan diproduksi.

“Kita juga akan melibatkan perguruan tinggi karena ini merupakan teknologi tingkat lanjut. Banyak menggunakan material maju,” terangnya.

Sumadi yakin produk keluaran PT SEUM I and C dan PT ASI akan diserap pasar. Selain memproduksi lampu untuk kebutuhan penerangan hunian dan kantor, pabrik tersebut juga akan memproduksi lampu penerangan jalan umum (PJU). “Kita akan memproduksi PJU dan lampu-lampu untuk kebutuhan rumah tangga dan kantor,” imbuhnya.

Penjajakan kerja sama dengan PT SEUM I and C diketahui sudah dimulai sejak 2016 silam saat Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo berkunjung Negeri Ginseng. Saat itu, ia sempat melihat proses pembuatan LED yang dilakukan di sebuah pabrik di Korea Selatan.

“Prosesnya sudah lama dan kita sudah ketemu beberapa kali. Sekarang tinggal menyiapkan tempat untuk produksi saja,” kata Rudy.

(rs/irw/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia