Sabtu, 26 May 2018
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Horee! Setiap RT di Sukoharjo Terima Bantuan Kajang

Senin, 12 Feb 2018 18:43 | editor : Bayu Wicaksono

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya (Dok. RADAR SOLO)

SUKOHARJO – Alokasi anggaran untuk bantuan kajang (atap bongkar pasang untuk acara hajatan atau kematian) bagi seluruh rukun tetangga (RT) di 167 desa dan kelurahan di Sukoharjo menelan anggaran cukup besar. Total anggaran mencapai Rp 23 miliar-Rp 25 miliar.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, saat ini anggaran bantuan kajang sudah didistribusikan. Sebagian besar RT juga sudah mulai membelinya. Dengan begitu diharapkan semuanya bisa digunakan untuk kepentingan warga. “Setiap RT akan mendapat alokasi Rp 5,5 juta,” ujarnya. 

Bantuan kajang ini sengaja diberikan untuk masyarakat karena memang memiliki banyak manfaat. “Saya berharap seluruh distribusi pembagian kajang diharapkan segera selesai. Dengan demikian, maka semua RT sudah bisa memiliki dan menggunakannya,” papar Wardoyo. 

Fungsi kajang ini misalnya ada hajatan atau kematian, warga tidak perlu bingung mencari pinjaman ke daerah lain. “Mereka bisa meminjam di tingkat RT atau di RW. Nanti bisa dipasang memanjang. Lewat program ini, masyarakat juga bisa menghemat biaya dan membantu masyarakat,” imbuhnya. 

Kepala Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura Dwi Mogol Nuryanto mengatakan, pembagian kajang bantuan dari pemkab sudah mulai dilakukan di daerahnya. Pembagian dilakukan dengan meminta ketua atau pengurus RT untuk datang mengambil di balai desa.

 “Sebelum dibagikan dan dicek bersama pengurus RT dan panitia desa. Kajang harus dipastikan lengkap sesuai dengan jumlah dan dalam kondisi baik. Kami harap tidak lama lagi semua bantuan sudah dibagikan ke RT,” ujarnya.

(rs/yan/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia